Berita Smartphone

Resmi di Indonesia, Xiaomi Redmi Note 5 Bawa Snapdragon 636 & Dua Kamera Utama

Xiaomi Redmi Note 5 Header

Hari ini, Xiaomi secara resmi meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia yang bernama Redmi Note 5.

Perangkat yang satu ini memiliki dimensi 158,6 mm x 75,4 mm x 8,05 mm dan berat yang mencapai 181 gram. Untuk layarnya memiliki lebar 5,99 inci dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dilindungi kaca lengkung 2,5D anti gores Corning Gorilla Glass, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya.

Hal ini membuat sensor fingerprint milik smartphone ini berada di bagian belakangnya. Dapur pacu, Xiaomi Redmi Note 5 telah dipercayakan kepada chipset Qualcomm Snapdragon 636 Octa-core 1,8 GHz Kryo 260.

Xiaomi Redmi Note 5 Black

Chipset ini menggunakan teknologi proses 14nm sehingga hemat dalam mengonsumsi daya baterai dan memiliki performa yang bertenaga. Dalam mengimbangi kemampuan chipset tersebut, Xiaomi juga telah menyematkan RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB yang dapat ditambahkan microSD 256 GB pada Redmi Note 5.

Degan kombinasi spesifikasi hardware tersebut membuat smartphone terbaru Xiaomi ini sangat bertenaga. Hal ini terlihat dari skor hasil benchmark AnTuTu yang dirilis oleh Xiaomi pada saat peluncuran yang mencapai 116.693 poin. Bisa dibilang smartphone ini mengalami peningkatan performa sebanyak 69% dibandingkan Redmi Note 4.

Soal urusan fotografi, smartphone yang satu ini telah dibekali dengan dua kamera utama dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang memiliki kombinasi kamera primer 12 MP dengan aperture f/1.9 untuk mengambil obyek utama + kamera sekunder 5 MP dengan aperture f/2.0 untuk mengukur kedalaman foto.

Selain dapat menghasilkan foto dengan bagus,kombinasi dua kamera utama ini mampu menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan instan dan cepat. AI yang hadir pada dua kamera utamanya juga dapat menentukan kualitas foto dengan bagus.

Untuk mengimbangi kemampuan dua kamera utamanya ini, Xiaomi juga menambahkan PDAF dan LED Flash pada bagian belakangnya. Sementara itu, kamera depannya sendiri memiliki 13 MP dengan AI Smart Beauty dan soft-LED Flash sehingga dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan bagus.

AI Smart Beauty ini memindai wajah penggunanya dapat akan menentukan kualitas foto selfie atau wefie. Sebagai alternatif dari sensor fingerprint, Xiaomi Redmi Note 5 ini dibekali juga dengan fitur Face Unlock sehingga memudahkan penggunanya untuk membuka kunci smartphone dengan wajah. Bisa dibilang ini merupakan fitur Face Unlock pada smartphone Xiaomi Redmi di Indonesia. Dengan AI yang hadir di dalamnya memungkinkan wajah penggunanya dapat dikenali dengan akurat.

Tak ketinggalan, dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth 5.0, VoLTE, port microUSB 2.0, port jack audio, GLONASS, GPS, baterai 4000 mAh dengan dukungan fast charging 5V/2A, dan MIUI 9 berbasiskan Android 7.1.2 Nougat telah hadir di dalamnya.

Xiaomi Redmi Note 5 sendiri telah dijual di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 2.499.000 untuk varian RAM 3 GB + ROM 32 GB dan Rp 2.599.000 untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB. Nantinya smartphone ini akan mulai dijual di Lazada Indonesia mulai 25 April 2018.

 

Leave a Comment