ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

2 Cara Screenshot OPPO A83 Tanpa Root atau Aplikasi Lain

cara screenshot oppo a83 header

Gadgetren – Beberapa minggu lalu, OPPO secara resmi telah meluncurkan smartphone dengan harga terjangkaunya yang bernama OPPO A83.

Smartphone yang satu ini telah dibekali dengan chipset MediaTek MT6763T Helio P23 Octa-core berkecepatan 2,5 GHz, RAM 3 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD. Bisa dibilang chipset yang digunakan seperti miliki keluarga F5.

Dari sektor kamera, smartphone yang satu ini telah dibekali dengan kamera belakang beresolusi 13 MP ditambah aperture f/2.2, autofocus, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.2 yang dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan baik.

Bahkan kamera depannya pun telah dibekali dengan teknologi A.I Beauty recognition kebanggaan OPPO yang memungkinkan smartphone daapt mengenali jenis kelamin, usia, warna, dan tipe kulit penggunanya secara tepat hingga lebih dari 200 titik wajah sehingga hasil foto selfie lebih natural dan bagus.

Selanjutnya, layar OPPO A83 memiliki lebar 5,7 inci dengan resolusi Full HD (1.440 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya. Hal ini membuat OPPO menghilangkan tombol fisik home dan sensor fingerprint.

Sayangnya sebagian pengguna OPPO A83 belum mengetahui mengenai cara untuk melakukan screenshot pada produk tersebut. Untuk itu, Gadgeter dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini :

Cara Screenshot OPPO A83 Lewat Kombinasi Tombol

  1. Pertama, pastikan smartphone OPPO A83 dalam keadaan menyala.
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat langsung mencari area yang akan di-screenshot pada smartphone.
  3. Kemudian, Gadgeter dapat menekan tombol volume down (volume bawah) + power secara bersamaan dan ditahan selama beberapa detik.
  4. Nantinya layar akan berkedip diiringi dengan suara shutter terdengar yang menandakan bahwa screenshot telah diambil.
  5. Hasil screenshot ini dapat dilihat di aplikasi Gallery atau mengaksesnya di menu notifikasi.

Cara Screenshot OPPO A83 Lewat Gesture 3 Jari

  1. Pertama, Gadgeter dapat mengaktifkan fitur gesture 3 jari dengan mengakses menu atau aplikasi Settings.
  2. Pada halaman Settings, Gadgeter dapat membuka menu Gesture dan Motion.
  3. Setelah terbuka maka Gadgeter dapat memilih menu ScreenOn Gesture.
  4. Dalam halaman ScreenOn Gesture, Gadgeter dapat mengakhitkan Gesture Screenshot dengan menekan tombol ke arah kanan agar berwarna hijau yang menandakan fitur siap digunakan.
  5. Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih area yang akan di-screenshot pada smartphone OPPO A83.
  6. Kemudian, Gadgeter dapat langsung menyapu atau swipe 3 jari secara bersamaan dari atas hingga ke bawah layar.
  7. Nantinya suara shutter akan terdengar dan layar berkedip yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil.
  8. Hasil screenshot ini dapat dilihat di menu notifikasi atau langsung mengunjungi aplikasi Gallery.

Bisa dibilang dua teknik screenshot ini dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus melakukan root terhadap smartphone. Saya lebih menyukai cara gesture 3 jari karena lebih cepat dibandingkan harus menahan tombol beberapa detik.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar