Smartphone Tips dan Trik

Cara Logout Akun Google di Xiaomi Untuk Dikeluarkan dan Dikelola Lebih Mudah

Cara Logout Akun Google di Xiaomi - Header

Gadgetren – Logout dari akun Google di berbagai macam perangkat Xiaomi sebenarnya bisa dilakukan seperti pada handphone Android secara umum. Hanya saja tampilan antarmukanya mungkin sedikit berbeda.

Perusahaan Xiaomi memang membekali perangkat-perangkat seluler buatannya (termasuk handphone maupun tablet) dengan antarmuka bernama MIUI yang dikembangkan berdasarkan sistem operasi Android.

Oleh karena itu, kita pun dapat menemukan berbagai macam dukungan dan fitur bawaan Android di dalam berbagai perangkat Xiaomi meskipun sudah dikembangkan beberapa utilitas tambahan yang mempunyai fungsi serupa.

Meskipun sudah mempunyai dukungan akun Mi secara mendasar, berbagai macam perangkat Xiaomi misalnya masih menggunakan akun Google untuk sejumlah fungsi penting seperti Play Store, Gmail, maupun Maps.

Kita untungnya dapat mengelola akun di handphone Xiaomi dengan cukup mudah. Kita bahkan diizinkan untuk menambah atau menghapus akun Google tanpa perlu menggunakan layanan atau aplikasi khusus.

Cara Logout Akun Google di Perangkat Xiaomi

  1. Buka Settings dengan cara yang diketahui
  2. Gulir ke bawah lalu pilih bagian Accounts & sync
    Cara Logout Akun Google di Xiaomi - 1
  3. Cari dan ketuk pada tipe akun Google (jangan pada bagian Sync)
    Cara Logout Akun Google di Xiaomi - 2
  4. Pilih akun yang ingin di-logout
    Cara Logout Akun Google di Xiaomi - 3
  5. Ketuk tombol More
    Cara Logout Akun Google di Xiaomi - 4
  6. Pilih Remove account
    Cara Logout Akun Google di Xiaomi - 5
  7. Konfirmasi dengan menekan tombol Remove account sekali lagi
    Cara Logout Akun Google di Xiaomi - 6

Sesuai dengan langkah-langkah di atas, kita hanya dapat logout akun Google dengan menghapusnya dari perangkat. Jadi nanti berbagai macam data dan pengaturan terkait bakal ikut menghilang jika belum tersinkronisasi atau diunduh secara lokal.

Ketika melakukannya, akun di seluruh aplikasi milik Google mulai dari Gmail, Play Store, Drive, Photos, YouTube, hingga Maps juga akan ikut dikeluarkan. Kita mungkin perlu menambahkan atau menggunakan profil lain supaya bisa menggunakan produk tersebut kembali.

Hanya saja kita tak perlu khawatir. Menghapus akun Google di perangkat Xiaomi dengan menggunakan langkah-langkah di atas tidak akan menghapus profil itu sendiri. Kita pun masih bisa memakainya kembali di handphone, tablet, maupun komputer lain.

Langkah-langkah di atas pun berlaku untuk semua perangkat yang menggunakan antarmuka MIUI. Namun untuk sejumlah versi sebelum MIUI 10 mungkin perlu sedikit menyesuaikannya karena tampilan yang dibawa mungkin berbeda.

Secara umum, perbedaan yang paling menonjol terletak pada penamaan bagian Accounts & sync. Beberapa versi lawas seperti MIUI 9 dan MIUI 10 misalnya menamai menu tersebut dengan Sync saja.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar