Smartphone

Samsung Galaxy S9 vs Apple iPhone X. Manakah Smartphone Layar Penuh Terbaik?

Samsung Galaxy S9 vs Apple iPhone X Header

Gadgetren – Samsung baru saja meluncurkan smartphone flagship terbarunya dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 Barcelona yang bernama Galaxy S9.

Smartphone yang satu ini memiliki desain yang tidak terlalu berbeda dengan generasi sebelumnya, namun bezel layarnya yang semakin menipis. Meskipun, begitu Galaxy S9 sendiri membuat berbagai fitur baru yang menarik.

Beberapa fitur menarik yang hadir pada Samsung Galaxy S9 terdapat pada kemampuan kameranya, sensor fingerprint, dan performa tenaganya. Sementara itu, banyak orang yang ingin membandingkan smartphone ini dengan iPhone X.

Kita ketahui bersama bahwa iPhone X telah hadir secara resmi di Indonesia dengan harga yang bisa dibilang fantastis lebih dari Rp 18 juta. Selain itu, iPhone X hadir dengan layar yang memiliki poni. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Samsung Galaxy S9 vs Apple iPhone X

Layar

Samsung Galaxy S9 telah dilengkapi dengan layar penuh 5,8 inci yang beresolusi Quad HD+ (2.960 x 1.440 piksel), berteknologi Super AMOLED, Infinity Display, melengkung di berbagai sisi, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, dan beraspek rasio 18,5:9 yang memenuhi bagian depannya.

Sementara iPhone X telah dilengkapi dengan layar penuh 5,8 inci yang beresolusi 2.436 x 1.125 piksel, berteknologi Super Retina Display, dilindungi scratch – resistant glass oleophobic, dan beraspek rasio 19,5:9 yang memenuhi bagian depannya. Menariknya, iPhone X memiliki poni di bagian atas untuk menyematkan kamera dan berbagai sensor lainnya.

Spesifikasi Hardware

Samsung Galaxy S9 telah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 845 Octa-core atau Exynos 9810 Octa-core, RAM 4 GB, dan storage internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD. Sedangkan iPhone X telah dibekali dengan chipset Apple A11 Bionic Hexa-core, RAM 3 GB, dan storage internal dengan pilihan 64 GB atau 256 GB.

Kamera

Samsung Galaxy S9 telah dibekali dengan kamera belakang beresolusi 12 MP yang memiliki aperture f/1.5 dan f/2.4 sehingga dapat menghasilkan foto dengan bagus, dimana penggunanya dapat menggunakan aperture f/1.5 dalam kondisi minim cahaya atau aperture f/2.4 dalam kondisi cahaya yang melimpah atau cukup. Untuk kamera depannya memiliki resolusi 8 MP yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan bagus.

Apple iPhone X telah dilengkap dengan dua kamera belakang 12 MP dengan aperture f/1.8 wide-angle dan 12 MP aperture f/2.4 telephoto yang dapat menghasilkan foto dengan bagus, bahkan berefek bokeh (background blur) dengan instan. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan bagus.

Baterai

Samsung Galaxy S9 memiliki baterai dengan kapasitas 3.000 mAh dan iPhone X mempunyai baterai berkapasitas 2.716 mAh. Dengan performanya yang sama-sama kencang, bisa dibilang Galaxy S9 dapat bertahan lebh lama.

Fitur Lainnya

Samsung Galaxy S9 dibekali dengan port USB Type-C, Iris scanner, wireless charging, fast charging, sensor fingerprint, NFC, face unlock, NFC, Bixby, FM Radio, ARemoji, dan sistem operasi Android Nougat yang dapat ditingkatkan menjadi Android Oreo. Sementara iPhone X telah dilengkapi dengan port lightning, Qi wireless charging, face ID, SIRI, Animoji, dan sistem operasi iOS 11.

Harga

iPhone X sendiri dibanderol secara resmi di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 18 juta untuk varian storage 64 GB dan Rp 20,8 juta untuk varian storage 256 GB. Sementara Samsung Galaxy S9 mempunyai harga yang mencapai Rp 11,5 juta di Indonesia.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari performa, harga, dan daya tahan baterai maka Samsung Galaxy S9 lebih unggul. Namun semua itu tergantung dari pilihan Gadgeter karena masing-masing menawarkan performa dan keisitimewaan masing-masing.

Tinggalkan Komentar