Smartphone

Nokia 8 vs Samsung Galaxy S8. Manakah Smartphone Flagship Terbaik?

Nokia 8 vs Samsung Galaxy S8 Header

Pada tahun 2018 ini HMD Global secara resmi meluncurkan smartphone flagship Android pertamanya di Indonesia yang bernama Nokia 8.

Bisa dibilang smartphone yang satu ini menarik karena dibanderol dengan harga hanya Rp 6,5 juta di Indonesia padahal dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 835 Octa-core yang memiliki performa mumpuni.

Dengan kata lain, Nokia 8 telah dinobatkan sebagai smartphone Android Nokia berprosesor Snapdragon 835 termurah di Indonesia. Sementara itu, banyak orang Indonesia yang penasaran mengenai perbandingannya dengan Samsung Galaxy S8.

Kita ketahui bersama bahwa Galaxy S8 yang hadir di Indonesia tidak menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835, melainkan Exynos 8895. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara Nokia 8 dan Galaxy S8 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

Nokia 8 vs Samsung Galaxy S8

Spesifikasi Hardware

Nokia 8 telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 835, RAM 4 GB, dan storage internal .64 GB. Sedangkan Samsung Galaxy S8 telah dibekali prosesor dengan pilihan Exynos 8895 Octa-core atau Snapadragon 835 Octa-core, RAM 4 GB, dan storage internal 64 GB. Bisa dibilang keduanya sama-sama memiliki performa yang hampir setara.

Desain dan Layar

Nokia 8 dilengkapi dengan layar 5,3 inci beresolusi Quad HD (2.560 x 1.440 piksel), berteknologi IPS, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5. Sementara Samsung Galaxy S8 dilengkapi dengan layar 5,8 inci yang memiliki resolusi Quad HD+ (2.960 x 1.440 piksel), berteknologi Super AMOLED, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5. Dari segi desain, bisa dibilang Samsung juaranya.

Kamera

Nokia 8 mempunyai dua kamera utama beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0 yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Sementara kamera kamera depannya mempunyai resolusi 13 MP dengan apertur e f/2.0 yang dapat menghasilkan foto selfie dengan bagus.

Sedangkan Samsung Galaxy S8 dilengkapi kamera utama beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.7 dual-pixel yang mampu menghasilkan foto dengan bagus. Untuk kamera depannya mempunyai resolusi 8 MP dengan aperture f/1.7 yang dapat menghasilkan foto selfie dengan baik. Sayangnya kamera utama dari Galaxy S8 menang telak menurut penilaian DxOMark.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini telah dibekali dengan sensor fingerprint, port USB Type-C, Bluetooth 5.0, sistem operasi Android Nougat yang dapat ditingkatkan menjadi Android Oreo, dan NFC. Namun Samsung Galaxy S8 memiliki asisten virtual Bixby yang bisa dibilang cukup canggih.

Harga

Nokia 8 sendiri dibanderol dengan harga yang mencapai Rp 6,5 juta di Indonesia. Sementara resmi Samsung Galaxy S8 di Indonesia hanya mencapai Rp 10,5 juta saja untuk storage 64 GB. Dalam hal harga, bisa dibilang Nokia 8 yang menang.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari kamera utama, fitur yang ditawarkan, dan desain maka Samsung Galaxy S8 menjadi juaranya. Namun apabila dilihat dari harganya, tentu Nokia 8 bisa menjadi pilihan yang bijak mengingat performa kedua smartphone ini hampir sama.

Tinggalkan Komentar