Tips dan Trik

Cara Menonaktifkan Password di Windows 10 Agar Login Jadi Lebih Praktis

Cara Menonaktifkan Password di Windows 10 - Header

Gadgetren – Sebagian di antara kita mungkin akan berpikir bahwa menonaktifkan password atau kata sandi yang dipakai di komputer berbasis Windows 10 bisa membuat proses masuk menjadi semakin praktis.

Hanya saja hal tersebut perlu dipertimbangkan secara matang-matang karena menonaktifkan password akan membuat data-data di dalam komputer lebih mudah diakses oleh siapa saja sebagai gantinya. Jadi bisa sangat berbahaya jika jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

Daripada menonaktifkan password dan melemahkan proteksi data pribadi, kita lebih baik mengubah proses masuk ke sistem operasi Windows 10 dengan cara yang lebih sederhana. Misalnya memanfaatkan dukungan Windows Hello.

Bagi kamu yang belum tahu, Windows Hello merupakan fitur bawaan Windows yang dapat dipakai untuk mengganti proses masuk menjadi PIN, pengenalan wajah, atau pemindai sidik jari sesuai apa yang didukung komputer.

Apabila merasa tidak masalah dengan keamanan data privasi, menonaktifkan password memang dapat menjadi pilihan terbaik untuk membuat proses masuk ke komputer Windows semakin praktis.

Cara Menonaktifkan Password di Komputer Windows 10

  • Tekan tombol Start Windows dan R secara bersamaan
  • Ketikan netplwiz lalu tekan Enter
    Cara Menonaktifkan Password di Windows 10 - 1
  • Di jendela User Accounts, hapus centang pada opsi Users must enter a user name and password to use this computer
    Cara Menonaktifkan Password di Windows 10 - 2
  • Klik tombol Apply
  • Masukan password pada kolom Password dan Confirm Password di halaman Automatically sign in
    Cara Menonaktifkan Password di Windows 10 - 3
  • Ketuk tombol OK
  • Tutup jendela User Accounts dengan menekan OK sekali lagi

Perlu diingat, kita harus berhati-hati saat memasukkan password saat mengisi halaman Automatically sign in. Halaman masuk ke sistem Windows nanti soalnya akan menampilkan dua akun yang cukup identik dan masih meminta kata sandi jika terjadi kesalahan.

Saat terjadi masalah seperti ini, kita harus mengulangi pengaturan dari awal. Di dalamnya termasuk mengaktifkan kembali Password Windows 10 dengan menggunakan beberapa langkah berikut.

Mengaktifkan Kembali Password di Windows 10

  1. Buka jendela User Accounts seperti ulasan sebelumnya
  2. Centang kembali opsi Users must enter a user name and password to use this computer
  3. Ketuk tombol Apply
  4. Klik OK untuk menutup halaman User Accounts
  5. Restart komputer jika diperlukan

Setelah mengembalikan pengaturan ke kondisi semula, ulangi kembali langkah-langkah untuk menonaktifkan password. Pastikan untuk mengisi kolom Password dan Confirm Password di halaman Automatically sign in dengan benar.

Selain menonaktifkan password, kita juga bisa mempertimbangkan untuk menghapusnya jika ingin membuat proses masuk ke komputer menjadi lebih praktis. Meskipun dalam hal ini risikonya akan tetap sama.

Tinggalkan Komentar

6 Komentar