Tips dan Trik

Password Bikin Ribet? Password Windows 10 Bisa Dihilangkan Lho

Cara Menonaktifkan Password di Windows 10 Header[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Sistem password atau pin adalah bentuk perlindungan pertama agar data-data privasi pengguna dapat terlindungi.

Laptop atau komputer adalah salah satu perangkat yang memiliki banyak data-data berbau privasi milik penggunanya. Mengingat hal tersebut, beberapa sistem operasi menawarkan fitur proteksi untuk mencegah akses data oleh orang lain yang tidak dapat kita percaya.

Sistem operasi Windows 10 salah satunya. Sistem buatan Microsoft ini merupakan sistem yang cukup berusaha untuk melindungi data-data privasi penggunanya. Bahkan, tanpa kita aktifkan, sistem operasi ini akan menyarankan opsi proteksi pada saat penginstalannya.

Bagi sebagian orang, proteksi ini sangat bermanfaat. Namun, bagi beberapa orang, perlindungan ini akan menjadi sangat ribet, karena harus memasukan sandi atau pin secara berulang-ulang.

Jika pengguna terlanjur menghidupkan opsi proteksi ini pada saat menginstal sistem Windows 10, maka tidak perlu khawatir. Sebenarnya terdapat banyak hal yang dapat dilakukan sistem operasi ini, termasuk pengguna dapat menonaktifkan sistem password di Windows 10 dengan cara di bawah ini.

Cara Menonaktifkan Password di Windows 10

  1. Ketuk tombol Windows bersamaan dengan tombol R di keyboard untuk membuka Run
  2. Kemudian ketikkan netplwiz pada kolom yang disediakan diikuti menekan tombol Enter
  3. Setelah layar User Accounts Terbuka, hilangkan centang pada opsi Users must enter a user name and password to use this computer
  4. Setelah itu, pilih tombol Apply
  5. Jika muncul layar Automatically sign in, masukan sandi yang digunakan pada kolom Password dan Confirm Password
  6. Kemudian pilih OK, dan restart perangkat komputer

Cara Menonaktifkan Password di Windows 10

Secara default, saat menghidupkan laptop dengan sistem operasi Windows 10, pengguna akan disuguhkan pada tampilan halaman login screen. Pada tampilan ini, pengguna akan diminta memasukkan password, pin, atau kunci pengaman lainnya agar dapat masuk ke dalam sistem utama.

Meskipun demikian, sebenarnya pengguna dapat menghilangkan pengaman tersebut dengan cara seperti yang disebutkan sebelumnya. Dengan menghilangkan password atau proteksi lain, pengguna tidak akan menjumpai lagi permintaan memasukan password atau pengaman lainnya di halaman login screen.

Namun, sebelum melakukan hal tersebut, pengguna sebaiknya siap dengan segala resikonya. Jika pengguna memiliki banyak hal yang sangat privasi, data-data tersebut akan sangat mudah diakses orang lain saat pengguna menonaktifkan opsi proteksi tersebut.

Jika sudah terlanjur menonaktifkan opsi pengamanan di perangkatnya, pengguna dapat mengeset opsi proteksi tersebut lagi melalui menu yang sama saat akan menonaktifkan opsi tersebut. Pengguna dapat masuk ke menu User Accounts, kemudian mencentang kembali opsi Users must enter a user name and password to use this computer.

Tinggalkan Komentar