Smartphone

Vivo Y65 vs OPPO A71. Manakah Smartphone Kamera 13 MP Terbaik?

Vivo Y65 vs OPPO A71 Header

Gadgetren – Meskipun Vivo dan OPPO berada di bawah satu payung perusahan yang sama, namun kedua vendor smartphone ini saling bersaing untuk mendapatkan penggunanya.

Awalnya Vivo sendiri hadir di Indonesia dengan smartphone yang berteknologi audio HiFi sehingga memungkinkan penggunanya dapat mendengarkan lagu maupun suara video dengan jernih. Namun strategi itu pun tidak cukup untuk menjangkau masyarakat Indonesia.

Untuk itulah, selanjutnya Vivo meluncurkan smartphone dengan kamera selfie beresolusi tinggi yang dikenal dengan nama Perfect Selfie. Sementara OPPO, awalnya meluncurkan smartphone dengan spesifikasi hardware tinggi.

Namun lama – lama OPPO pun meluncurkan smartphone terbarunya yang memiliki kamera selfie dengan resolusi besar dengan julukan Selfie Expret. Selain bersaing di kelas menengah atas, keduanya juga bersaing di pasar kelas menengah bawah.

Hal ini terlihat dengan pertarungan antar Vivo Y65 vs OPPO A71 yang memiliki spesifikasi hardware dan fitur yang hampir bersaing. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan kedua smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Vivo Y65 vs OPPO A71

Spesifikasi Hardware

Vivo Y65 telah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon Quad-core 425 berkecepatan 1,4 GHz, RAM 3 GB, dan storage internal berkapasitas 16 GB yang dapat ditambahkan microSD. Sementara OPPO A71 telah dilengkapi dengan prosesor MediaTek MT6750 Octa-core berkecepatan 1,5 GHz, RAM 2 GB, dan storage internal berkapasitas 16 GB yang dapat ditambahkan microSD. Terlihat Vivo Y65 lebih unggul dalam kapasitas RAM.

Kamera

Vivo Y65 mempunyai kamera depan beresolusi 5 MP dan kamera belakang dengan resolusi 13 MP. Sementara itu, OPPO A71 memiliki kamera depan beresolusi 5 MP dan kamera belakang beresolusi 13 MP. Terlihat keduanya sama-sama memiliki kemampuan kamera yang setara.

Baterai

Vivo Y65 dan OPPO A71 sama-sama memiliki baterai yang mencapai 3.000 mAh. Meskipun kapasitas baterai kedua smartphone ini sama, namun apabila dilihat dari performanya yang lebih cepat maka Vivo Y65 memiliki daya tahan yang lebih rendah.

Layar

Vivo Y65 dilengkapi dengan layar 5,5 inci beresolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi TFT. Sedangkan OPPO A71 dibekali dengan layar 5,2 inci beresolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi IPS LCD.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki port microUSB 2.0, FM Radio, WiFi, dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, dan Bluetooth. Bisa dibilang Vivo Y65 dan OPPO A71 sama-sama memiliki fitur yang memang standar di kelasnya.

Harga

Kini Vivo Y65 dibanderol secara resmi di Indonesia mencapai Rp 2.199.000. Sedangkan OPPO A71 dijual secara resmi di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 2.299.000. Terlihat harga kedua smartphone ini hanya berbeda Rp 100 ribu saja.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari performa, spesifikasi hardware, dan harga maka Vivo Y65 bisa menjadi juarannya. Namun OPPO A71 sendiri bisa dibilang unggul dalam daya tahan baterai yang bisa dibilang lebih lama dibandingkan dengan Vivo Y65.

Leave a Comment