Berita Smartphone

Huawei Nova 2i Resmi Dapatkan Fitur Face Unlock dan AR Lens yang Menarik

Huawei Nova 2i Face Unlock Header

Kini Huawei Nova 2i merupakan salah satu smartphone kelas menengah andalan Huawei di Indonesia karena memiliki jumlah pengguna yang bisa dibilang banyak.

Perangkat yang satu ini sendiri hadir pada akhir Oktober 2017 dengan beragam fitur menarik, seperti layar penuh dengan lebar 5,9 inci yang beresolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS LCD, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya layaknya smartphone yang sedang tren saat ini.

Bahkan pihak Huawei menyertakan pelindung layar tambahan pada paket penjualannya yang sudah terpasang secara rapi. Akibat layarnya yang memenuhi bagian depan, Huawei terpaksa menyematkan menghilangkan tombol fisik home dan menyematkan sensor fingerprint pada bagian belakangnya.

Huawei Nova 2i sendiri memiliki nama yang berbeda di berbagai negara, seperti kawasan Eropa yang menggunakan nama Huawei Mate 10 Lite, Tiongkok dengan nama Maimang 6, India memiliki nama Honor 9i, dan Indonesia maupun Malaysia yang mengambil nama Nova 2i.

Selain layarnya, smartphone ini juga terkenal sebagai smartphone 4 kamera pertama di Indonesia dengan kombinasi dua kamera belakang dan dua kamera depan. Pada dua kamera belakangnya memiliki kombinasi 16 MP + 2 MP dengan Phase Detection Autofocus, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Bahkan berefek bokeh (background blur) dengan cepat dan mudah.

Sementara dua kamera depannya memiliki kombinasi 13 MP dengan aperture f/2.0 + 2 MP yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan baik. Bahkan foto selfie yang dihasilkan pun mampu memiliki efek bokeh (background blur) dengan instan.

Meskipun untuk saat ini sistem operasi Huawei Nova 2i masih menggunakan EMUI 5.1 berbasiskan sistem operasi Android Nougat, namun Huawei telah mulai menjalankan update terbarunya yang membawa dua fitur menarik yang terdiri dari Face Unlock dan AR Lens.

Fitur Face Unlock ini memudahkan penggunanya untuk bisa membuka kunci Huawei Nova 2i hanya dengan menghadapkan mukanya di depan smartphone. Dengan kata lain fitur ini bisa menjadi sebagai alternatif dari sensor fingerprint dalam membuka kunci dengan cepat.

Nantinya pengguna smartphone ini dapat mengatur fitur ini dengan dua pliihan, yakni Direct Unlock atau Slide to Unlock. Apabila memilih Silde to Unlock maka penggunanya dapat memanfaatkan tampilan pemberitahuan cerdas dan pemberitahuan layar kunci cerdasa.

Pihak Huawei mengatakan bahwa apabila Huawei Nova 2i digunakan oleh bukan pemiliknya maka setelah diidentifikasi akan secara otomatis menyembunyikan informasi atau konten pemberitahun apapun, seperti WhatsApp, LINE, SMS, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Huawei juga mengkalim bahwa fitur ini memiliki 3 lapis keamanan sehingga akan aman untuk digunakan. Selanjutnya, fitur AR lens dapat memungkinkan penggunanya untuk berkreasi dengan kamera depannya karena akan terdapat beberapa efek Augmented Reality yang muncul, seperti menara Eifel, Big Ben London, muka kuncing, dan masih banyak lagi.

Meskipun sudah dirilis, namun update ini akan dilakukan secara bertahap oleh pihak Huawei di Indonesia sehingga pengguna Nova 2i harus bersabar apabila belum mendapatkan notifikasi update sistem operasi. Sekilas, smartphone Huawei ini dibanderol dengan harga yang mencapai Rp 3.999.000 pada saat pertama kali diluncurkan. Namun harganya mulai menurun di kisaran Rp 3.499.000 hingga Rp 3.799.000 seiring berjalannya waktu.

Leave a Comment