Bengkel

Mengapa Samsung Galaxy J5 2017 Tidak Bisa Instal Aplikasi dari Google Play Store?

Samsung Galaxy J5 (2017) Header

Rabu merupakan hari yang paling ditunggu oleh kita semua karena tim Gadgetren akan membahas mengenai permasalahan yang sering dialami oleh smartphone maupun tablet dari Gadgeter sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini, redaksi Gadgetren telah mendapatkan pertanyaan mengenai masalah smartphone Samsung Galaxy J5 2017 yang tidak dapat menginstal aplikasi dari Google Play Store. Untuk itu, tim Gadgetren akan memberikan penjelasannya sebagai berikut ini :

Pertanyaan :

Mas, mengapa Samsung Galaxy J5 2017 Saya tidak bisa diinstal aplikasi dari Google Play Store?

Jawaban :

Google Play Store merupakan toko aplikasi resmi yang diciptakan oleh Google khusus untuk smartphone bersistem operasi Android. Dengan hadirnya toko aplikasi ini membuat pengguna smartphone Android bisa mendapatkan berbagai kebutuhan aplikasi untuk menunjang aktivitas sehari-hari, mulai dari kesehatan, pekerjaan kantor, perhitungan, pendidikan, komunikasi, chat, dan masih banyak lagi.

Meskipun sebenarnya pengguna smartphone Android dapat menginstal aplikasi dalam bentuk mentah (APK) dari berbagai sumber, namun apabila menginstal aplikasi dari Google Play Store akan memberikan keamanan yang lebih baik. Selain itu, sistem update aplikasi di Play Store pun sangat memudahkan penggunanya.

Namun biasanya sebagian orang akan mendapatkan kendala ketika akan menginstal aplikasi dari Google Play Store, mulai tulisan tertunda hingga sama sekali tidak dapat diinstal di smartphone. Baru-baru ini Gadgeter telah bertanya mengenai permasalahan dari smartphone Samsung Galaxy J5 2017 miliknya tidak dapat diinstal sama sekali. Untuk itu, Gadgeter dapat melihat beberapa penjelasan masalah yang sering dialami ketika aplikasi tidak dapat diinstal dari Google Play Store sebagai berikut ini :

Storage Hampir Penuh

Salah satu yang paling menghambat untuk menginstal aplikasi dari Google Play Store rata-rata karena storage internal dari smartphone sudah hampir penuh sehingga Android akan memberikan peringatan bahwa storage hampir penuh.

Dengan kata lain, Android tidak akan mengizinkan penggunanya menginstal aplikasi dari manapun, termasuk Google Play Store karena tidak ingin sistem menjadi error karena storage sudah terlalu penuh sehingga tidak ada kapasitas yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi.

Solusinya, Gadgeter dapat memindahkan data, seperti video, musik, foto, maupun dokumen ke microSD atau komputer agar sisa kapasitas storage internal menjadi lebih lega. Selain itu, microSD yang digunakan harus memiliki kecepatan tinggi agar menunjang Samsung Galaxy J5 2017. Tak hanya itu, sebaiknya aplikasi jangan diinstal di microSD karena kecepatan bacanya tidak secepat storage internal sehingga biasanya akan membuat kinerja smartphone menjadi lambat.

Cache Aplikasi Play Store yang banyak

Biasanya cache atau data sampah yang ada di Google Play Store sudah banyak sehingga akan menghambat proses instal aplikasi di smartphone. Hal ini disebabkan oleh data sampah sehingga aplikasi tersangkut untuk menggunakan data tanpa melakukan pembaruan data, namun sebenarnya aplikasi perlu melakukan pembaruan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Gadgeter dapat membuka menu atau aplikasi Settings > selanjutnya, Gadgeter memiliki menu Apps > Kemudian, mencari aplikasi yang bernama Google Play Store > Setelah dipilih maka Gadgeter dapat memilih menu Storage dan dapat menekan tombol Clear Cache untuk mengatasi masalah ini.

Galaxy J5 2017 harus reset atau restart

Apabila kita menggunakan Samsung Galaxy J5 2017 secara lama dan menjalankan banyak aplikasi, terkadang sistem operasi mengalami kendala dan kondisinya sedang tidak baik sehingga menyebabkan aplikasi tidak dapat diinstal dari Google Play Store.

Untuk itu, Gadgeter perlu melakukan reset pada Samsung Galaxy J5 2017 dengan menahan tombol power secara lama hingga muncul tombol virtual restart > setelah dipilih maka secara otomatis smartphone akan melakukan restart dan biasanya akan kembali ke kondisi yang lebih baik atau prima.

Sistem operasi atau Hardware yang tidak mendukung

Biasanya salah satu yang menjadi permasalah dari aplikasi tidak dapat diinstal karena developer tidak mengembangkan aplikasi pada hardware smartphone atau versi sistem operasi tertentu sehingga Samsung Galaxy J5 2017 tidak dapat menginstal aplikasinya di dalam sistem.

Dengan kata lain hardware atau versi sistem operasi dari Samsung Galaxy J5 2017 yang telah usang. Untuk masalah software masih bisa diatasi dengan update sistem operasi. Namun apabila sudah di masalah hardware, kemungkinan besar memang aplikasi tidak dapat diinstal.

Jaringan Internet Lambat

Selain masalah pada hardware dan sistem operasi, biasanya aplikasi dari Google Play Store tidak dapat diinstal di Samsung Galaxy J5 2017 karena jaringan internet yang digunakan sedang melambat. Untuk itu, Gadgeter dapat mencari jaringan WiFi yang biasanya memiliki koneksi stabil atau membeli paket internet dari operator yang dirasa memiliki kecepatan stabil di lokasi berada.

Selain itu, terkadang aplikasi dengan kapasitas yang besar sering menanyakan untuk download menggunakan jaringan Wi-Fi saja. Namun sebaiknya, Gadgeter tidak mencentang pertanyaan tersebut agar bisa diunduh dengan menggunakan jaringan selulae yang sedang digunakan.

Sebenarnya tidak hanya Samsung Galaxy J5 2017 yang sering bermasalah dengan tidak dapat diinstalnnya aplikasi dari Google Play Store, bahkan smartphone Android pada umumnya sering mengalami kendala ini. Untuk itu, semoga beberapa tips dan trik di atas dapat membantu Gadgeter dalam menginstal aplikasi dari Google Play Store dengan lancar.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tinggalkan Komentar