Tips dan Trik

2 Cara Mudah Screenshot Layar di Samsung Galaxy S8

Cara Screenshot di Samsung Galaxy S8 Header

Gadgetren – Samsung Galaxy S8 merupakan perangkat flagship yang cukup banyak diidam-idamkan oleh sebagian orang.

Sebagai ponsel flagship, yang notabene menyasar pengguna kalangan kelas atas, fitur-fitur yang dibesutkan di dalam perangkat ini dapat dibilang sangat komplit selain dari segi spesifikasi hardware yang relatif lebih baik dibandingkan dengan ponsel lainnya. Itu lah mengapa Samsung hingga kini masih mendominasi pasar Android.

Salah satu fitur yang nampaknya wajib ada adalah fitur screenshot untuk mengambil tangkapan layar. Di ponsel menengah ke bawah, fitur ini pun telah menjadi salah satu fitur wajib untuk membantu penggunanya.

Di perangkat Samsung Galaxy S8, pengguna dapat mengakses fitur screenshot dalam dua metode yang berbeda. Cara screenshot di Samsung Galaxy S8 dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol fisik dan juga memanfaatkan fitur Palm swipe to capture.

Cara Screenshot Samsung Galaxy S8 Dengan Tombol Fisik

Secara default, Samsung menanamkan fitur screenshot di dalam perangkat-perangkatnya, termasuk di perangkat Samsung Galaxy S8. Sehingga pengguna perangkat ini tidak perlu menginstal aplikasi tambahan apapun untuk melakukan pengambilan gambar layar.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy S8 adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik yang ada di perangkat tersebut.

Cara Screenshoot Samsung Galaxy S8 dengan Tombol Fisik

Untuk melakukan pengambilan tangkapan layar Samsung Galaxy S8 dengan metode ini, pengguna hanya perlu membuka layar yang ingin diabadikan. Setelah itu, pengguna dapat menekan kombinasi tombolĀ power + tombol volume down secara bersamaan sampai muncul suara khas seperti saat mengambil gambar dengan kamera.

Baca Juga: Agar HP kamu aman dan tidak lemot, hapus virus yang ada dengan aplikasi ini

Cara Screenshot Samsung Galaxy S8 Dengan Mengusap Layar

Cara kedua yang relatif mudah untuk digunakan melakukan tangkapan layar di Samsung Galaxy S8 adalah dengan menggunakan Palm Swipe to Capture. Fitur screenshot ini secara default juga telah aktif di perangkat Samsung Galaxy S8.

Namun, untuk mengecek apakah fitur tersebut aktif atau tidak, pengguna dapat mengeceknya melalui Settings, kemudian pilih opsi Advanced Features, kemudian pilih Palm swipe to capture. Pengguna dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur tersebut di opsi ini.

Untuk menggunakannya mengambil tangkapan layar, pengguna dapat mengakses layar yang ingin ditangkap terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna dapat melakukan swipe atau mengusap layar dari kanan ke kiri sampai terdengar bunyi khas pengambilan gambar.

Nah, setelah melakukan screenshot, pengguna Samsung Galaxy S8 dapat melihat hasil tangkapan layar melalui aplikasi Gallery maupun aplikasi foto editor yang dimilikinya.

Leave a Comment