Tips dan Trik

Tanpa Root, Begini Cara Mengganti Tema WhatsApp Dengan Mudah!

Cara Mengganti Tema WhatsApp Header[Sumber: Pixabay]

Gadgetren – WhatsApp adalah aplikasi yang cukup populer di kalangan pengguna ponsel seluler dengan beragam fitur yang selalu dikembangkannya di bawah Facebook Inc.

Namun sayangnya, untuk mengganti tema di aplikasi WhatsApp, pengguna harus menginstal aplikasi modifikasi dari pihak ketiga. Secara default, aplikasi WhatsApp tidak menyediakan fitur mengganti tema di dalamnya.

WhatsApp hanya menyediakan fitur untuk mengganti gambar latar belakang di percakapannya. Fitur ini dapat diakses melalui menu dengan mengetuk ikon menu di pojok kanan atas, kemudian pilih opsi Settings. Setelah itu pilih Chats, kemudian pilih opsi Wallpaper.

Dalam menu Wallpaper ini, pengguna dapat mengganti gambar latar belakang di percakapannya dengan gambar di gallery, warna solid, wallpaper dari WhatsApp, mengembalikan ke wallpaper awal, atau tidak menggunakan gambar latar apapun.

Cara Mengganti Tema WhatsApp

Bagi pengguna yang ingin mengganti tema secara keseluruhan, pengguna dapat menginstal aplikasi WhatsApp Plus yang dapat diunduh melalui laman resminya. Namun, cara ini tidak begitu saya rekomendasikan mengingat hal privasi yang kita miliki.

Cara Mudah Mengganti Tema WhatsApp dengan WhatsApp Plus

  1. Untuk menggunakannya, pengguna dapat menguninstal aplikasi WhatsApp resmi di perangkat miliknya. Setelah itu dilanjutkan dengan menginstal aplikasi WhatsApp Plus di perangkat tersebut.
  2. Namun, ada baiknya sebelum menguninstal aplikasi WhatsApp resmi, pengguna membuat cadangan agar tidak kehilangan data percakapan. Pengguna dapat membuat cadangan percakapan WhatsApp melalui ikon menu di pojok kanan atas, pilih Chats, kemudian pilih opsi Chat backup, dan ketuk tombol BACK UP.
  3. Lakukan penginstalan WhatsApp Plus seperti menginstal aplikasi biasanya, dan izinkan aplikasi ini mengakses layanan WhatsApp yang kita miliki. Setelah itu, masuk ke akun WhatsApp dengan memasukkan nomor yang digunakan.
  4. Jika muncul opsi RESTORE, pilih opsi tersebut untuk mengembalikan semua data terakhir yang kita miliki. Kemudian masukkan nama dan ganti foto profil.
  5. Dengan menginstal aplikasi WhatsApp Plus di perangkatnya, pengguna kini dapat menggunakan tema di aplikasi perpesanan WhatsApp.
  6. Pengguna dapat memperoleh tema dan menginstalnya melalui menu pada pojok kanan atas, kemudian pilih Plus Setting, dan pilih Download Theme. Cari tema yang tepat, kemudian pilih Apply.

Dengan cara ini WhatsApp akan berubah menggunakan tema yang diinginkan. Di laman webnya creator WhatsApp Plus menyatakan bahwa privasi yang kita miliki tetap aman dengan menggunakan aplikasi tersebut. Namun, saya sarankan tetap menggunakan aplikasi resminya saja!

Leave a Comment

1 Comment