Berita

Keren! Inilah Smartphone Pertama Android Go di Dunia yang Super Murah

Micromax Bharat Go Leak Header

Micromax merupakana salah satu vendor asal India yang bisa dibilang namanya cukup berjaya di negerinya sendiri.

Bisa dibilang Micromax merilis berbagai smartphone dengan spesifikasi hardware menarik, namun memiliki harga yang bisa dibilang terjangkau. Hal inilah yang membuat smartphone buatan Micromax laris di India.

Menariknya, baru-baru ini Micromax mengumumkan smartphone pertamanya yang bersisitem operasi Android Go dengan nama Bharat Go. Bisa dibilang produk ini yang akan menjadi smartphone Android Go pertama di dunia karena akan dlluncurkan secara resmi pada akhir bulan Januari ini.

Bahkan Nokia 1 yang digadang-gadang akan menjadi smartphone pertama Android Go pun kalah cepat dengan Bharat Go. Smartphone buatan Micromax ini akan berada di segmen entry-level sehingga fokus pada pasar kelas bawah.

Sekilas, Android Go sendiri merupakan sistem operasi versi ringan yang dibuat Google agar mampu berjalan pada smartphone dengan spesifikasi hardware rendah , terutama RAM 512 MB atau 1 GB. Untuk versi awal, Google menamai sistem operasinya dengan Android G (Oreo Edition).

Pada sistem operasi Android Go (Oreo Edition) ini rata-rata aplikasi dapat berjalan 15% lebih cepat dibandingkan pada sistem operasi Android standar. Bahkan Google sendiri telah menyiapkan aplikasi edisi Go yang telah dioptimalkan bahwa 50% lebih hemat kapasitas penyimpanan dibandingkan versi standarnya.

Beberapa aplikasi edisi Go yang telah muncul di Google Play Store, terdiri dari Google Go, Google Assistant Go, YouTube Go, Google Maps Go, Gmail Go, Gboard, Google Play, Chrome, dan Files Go yang semuanya memakan kapasitas penyimpanan internal dengan lebih sedikit.

Meskipun harga dan spesifikasi resminya belum diketahui, namun Micromax Bharat Go akan hadir dengan RAM 1 GB dan storage internal 8 GB yang dapat ditambahkan microSD. Berdasarkan bocoran yang beredar, harga dari smartphone ini akan mencapai 5.000 Rupee atau sekitar Rp 981 ribuan.

Bisa dibilang Micromax sudah bergerak dengan cepat untuk bisa menghadirkan smartphone pertama di dunia dengan menggunakan Android Go. Tentu saja ini akan menarik mengingat proyek Android Go memiliki tujuan yang sama dengan Android One di awal untuk menyediakan smartphone murah, namun dengan pengalaman yang lancar. Selain Micromax Bharat Go ini, kita juga dapat menunggu Nokia 1 dari HMD Global yang dikabarkan akan diluncurkan pada ajang MWC 2018 Barcelona.

[Sumber : Android Authority]

Leave a Comment