Berita

Luar Biasa! Snapdragon 670 Terbaru Miliki Skor Performa Bertenaga di Geekbench

Qualcomm Snapdragon Header

Qualcomm merupakan salah satu vendor asal Amerika Serikat yang terkenal dalam menyediakan chipset atau SoC (System on Chip) untuk smartphone.

Pada tahun 2017 silam, Qualcomm telah melakukan peningkatan performa pada chipset kelas menengahnya, yakni Snapdragon 660, sehingga memiliki performa yang hampir setara dengan chipset kelas atas tahun sebelumnya.

Bisa dibilang chipset ini populer digunakan oleh banyak smartphone di dunia pada tahun 2017 yang terdiri dari Xiaomi Mi Note 3, ASUS ZenFone 4, Sharp Aquos S2, OPPO R11/R11 Plus, R11S/R11S Plus, Vivo X20, X20 Plus, Smartisan Nut Pro 2, 360 N6 Pro, dan Elephone S9.

Selain performanya yang bertenaga, Snapdragon 660 juga mampu mendukung kemampuan satu kamera atau dua kamera dengan bagus. Menariknya, baru-baru ini telah muncul bocoran di Geekbench mengenai penerusnya yang bernama Snapdragon 670.

Chipse terbaru ini memiliki teknologi proses 10nm dan konfigurasi Octa-core dengan kombinasi Quad-core Kryo 360 Gold dan Quad-core Kryo 385 Silver lengkap dengan GPU Adreno 620. Bisa dibilang kombinasi ini dapat membuat chipset memiliki performa yang bertenaga.

Sementara itu, Geekbench melakukan tes Snapdragon 670 dengan kombinasi RAM 6 GB dan sistem operasi Android 8.1.0 Oreo yang mampu menghasilkan performa dengan menarik. Namun kecepatan chipset ini yang terbaca pada Geekbench hanya 1,71 GHz.

Snapdragon 670 berhasil mendapatkan skor Geekbench yang mencapai 1.863 poin untuk pengujian single-core dan 5.256 untuk pengujian multi-core. Bisa dibilang hasilnya cukup impresif dan luar biasa untuk sebuah chipset kelas menengah.

Selain performanya yang bertenaga, chipset ini juga memiliki dukungan Spectra 260 ISP yang memungkinkan dukungan terhadap satu kamera beresolusi 26 MP atau dua kamera beresolusi 13 MP pada smartphone.

Modem X16 LTE yang tersemat di dalamnya juga mempunyai kecepatan download di atas 1 Gbps. Selain itu, Qualcomm juga dikabarkan segera meluncurkan chipset terbaru lainnya yang bernama Snapdragon 640 dan Snapdragon 460 untuk mendampinginya.

Dikabarkan berbagai vendor di dunia akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 670 sebagai dapur pacu dari smartphone kelas menengah terbarunya yang hadir pada tahun 2018 ini. Sayangnya belum diketahui mengenai waktu peluncuran resminya. Untuk itu, mari kita tunggu saja bocoran berita selanjutnya yang biasanya bergulir dalam beberapa hari ke depan.

[Sumber : Gizmochina]

Leave a Comment