Bengkel

Mengapa Smartphone Saya Lemot Menjalankan Game Mobile Legends?

Mobile Legends Header

Kembali lagi pada hari Rabu, dimana hari ini tim Gadgeter akan membahas mengenai artikel pada kategori Bengkel yang biasa akan mengulas solusi, tips, maupun trik tentang permasalahan yang biasa dihadapi oleh gadget milik Gadgeter.

Pada kesempatan ini, redaksi Gadgeter telah mendapatkan pertanyaan mengenai masalah lemot pada smartphone yang sering dialami oleh Gadgeter ketika memainkan game Mobile Legends. Untuk itu, Gadgeter dapat melihat penjelasannya sebagai berikut ini :

Pertanyaan :

Kak, mengapa smartphone saya sering lemot ketika menjalankan game Mobile Legends?

Jawaban :

Mobile Legends merupakan game yang hadir pada perangkat mobile, seperti smartphone maupun tablet dengan jenis MOBA (Massive Online Battle Arena). Dengan kata lain game ini dapat dimainkan oleh 10 orang sekaligus dalam satu kali permainan, dimana 5 orang dalam 1 tim melawan 5 orang dalam 1 tim lainnya.

Nantinya Gadgeter atau pemain Mobile Legends ini dapat memilih jagoannya atau Hero dalam bentuk karakter yang memiliki nama dan kemampuan spesial. Untuk memenangkan pertandingannya, pemain harus bisa menghancurkan pusat tower yang berada di markas masing-masing sehingga dibutuhkan kerja sama tim agar bisa memenangkan pertandingan.

Kini Mobile Legends sendiri merupakan salah satu game populer yang dimainkan di Indonesia dari berbagai kalangan, baik anak kecil, remaja, maupun dewasa. Selain bisa bertanding bersama teman, game ini pun dapat membunuh kejenuhan ketika menunggu orang maupun sedang dalam perjalanan yang macet.

Sayangnya sebagian orang di Indonesia masih banyak yang mengeluhkan smartphone yang menjadi lemot ketika bermain Mobile Legends sehingga performa permainannya menjadi menurun sehingga menurunkan peringkat maupun dimarahi oleh temannya ketika bertanding.

Tentu saja banyak faktor yang membuat smartphone menjadi lemot atau lambat ketika bermain Mobile Legends sehingga Gadgeter dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

1. Prosesor

Smartphone masa kini sudah dilengkapi dengan prosesor yang bisa dibilang menarik dan mampu melakukan komputasi dengan performa yang baik. Namun pada smartphone low-end biasanya tetaplah prosesornya akan menjalankan komputasi tidak terlalu cepat.

Untuk itu, sebaiknya Gadgeter untuk mencoba beralih ke smartphone dengan prosesor kelas menengah maupun atas, seperti Qualcomm Snapdragon 625, Snapdragon 630, Kirin 659, MediaTek Helio P23, Snapdragon 821, maupun Snapdragon 835.

2. GPU

GPU (Graphic Processing Unit) biasanya digunakan untuk melakukan tugas dalam mengolah grafis sehingga dapat membuat gambar, animasi, maupun video dapat berjalan dengan lancar. Sayangnya GPU yang ditawarkan kelas bawah sering lambat dalam mengolah grafis sehingga game akan terasa patah-patah dan smartphone akan menjadi lemot.

Untuk itu, Gadgeter dapat mencoba untuk membeli smartphone dengan GPU mid-end hingga high-end agar bisa mengolah grafis dengan sangat cepat, seperti Qualcomm Adreno 430, ARM Mali-T628, ARM Mali-T760, Nvidia GeForce Tegra K1, maupun Qualcomm Adreno 320.

Namun apabila Gadgeter belum ingin mengganti smartphone dengan yang baru, mungkin dapat mencoba merubah kualitas grafis dari Mobile Legends menjadi Low agar tidak membebani GPU dengan berat.

3. RAM

RAM (Random Access Memory) biasanya dibutuhkan untuk menyimpan sementara sebagian data yang telah diproses oleh aplikasi yang dijalankan pada smartphone. Sementara itu, biasanya aplikasi akan berjalan pada background (latar belakang) dan aplikasi yang sedang berjalan pada layar akan diutamakan.

Sayangnya apabila aplikasi yang berjalan sangat banyak, tentunya akan membuat smartphone berjalan lemot. Untuk itulah, diperlukan RAM dengan kapasitas yang besar untuk bisa membuat sistem operasi dan aplikasi dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

Nah, Gadgeter dapat mencoba mencari smartphone dengan RAM yang memiliki kapasitas tinggi, mulai dari 2 GB, 3 GB, 4 GB, 6 GB, hingga 8 GB. Bisa dibilang smartphone dengan RAM 3 GB sudah yang paling ideal untuk bermain Mobile Legends. Apabila menggunakan di bawah 2 GB, biasanya game Mobile Legends akan berjalan dengan lambat.

4. Jaringan dan Server

Selain spesifikasi hardware, kualitas jaringan internet sangat menentukan permainan Mobile Legends karena apabila jaringan internet mengalami turun naik dari 4G ke 3G dan seterusnya maka akan menyedot baterai dan terkadang smartphone mengalami lemot. Untuk itu, pastikan Gadgeter menggunakan operator yang stabil atau jaringan WiFi stabil.

Selain itu, apabila server Mobile Legends sedang penuh dimainkan banyak orang maka secara otomatis game menjadi lambat dan berpengaruh terhadap smartphone. Untuk itu, Gadgeter harus mengetahui waktu-waktu santai yang jarang orang dalam mengakses Mobile Legends agar permainannya lebih cepat.


Itulah beberapa alasan dan solusi mengenai smartphone lemot ketika bermain game Mobile Legends. Semoga cara ini dapat membantu Gadgeter akan bermain Mobile Legends dengan lebih lancar. Namun apabila Gadgeter memiliki cara yang ampuh untuk mengatasi permasalahan ini maka dapat memberikan komentarnya pada kolom di bawah ini.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Leave a Comment

2 Comments