Berita

Asik! Mi A1 Resmi Jadi Smartphone Xiaomi Pertama dengan Android Oreo

Xiaomi Mi A1 Header

Pada tahun baru 2018 ini, Xiaomi telah memberikan kado menariknya pada pengguna Mi A1 karena memberikan update sistem operasi Android 8.0 Oreo.

Bisa dibilang sistem operasi ini yang paling dinantikan karena merupakan yang terbaru dari Google dan membawa berbagai fitur yang menarik. Berkat Xiaomi Mi A1 mengikuti proyek Android One sehingga membuatnya selalu mendapatkan update sistem operasi Android yang terdepan.

Google sendiri telah menjanjikan Xiaomi bahwa Mi A1 akan mendapatkan dukungan Android dari terbaru dan paling duluan selama 2 tahun sejak diluncurkan pertama kali. Pastinya update Android P juga akan didapatkan oleh Xiaomi Mi A1 duluan dibandingkan smartphone Xiaomi lainnya.

Selain itu, Xiaomi Mi A1 sendiri benar-benar murni menggunakan sistem operasi Android murni Google (AOSP) tanpa hadirnya MIUI sehingga bagi Gadgeter yang menggunakan smartphone Xiaomi lain akan merasa sedikit asing dengan tampilan dan fitur yang dimilikinya.

Xiaomi MI A1 Android Oreo

Kembali ke topik utama, Xiaomi sendiri telah melakukan update Android 8.0 Oreo melalui metode OTA (Over-The-Air) untuk Xiaomi Mi A1 sehingga penggunanya hanya tinggal melakukan download langsung di smartphone.

Sebagai catatan, ukuran file update Android Oreo ini mencapai 1,1 GB sehingga sebaiknya Gadgeter memberikan kapasitas penyimpanan internalnya mencapai 4 GB agar update dapat berjalan dengan lancar dan tidak muncul peringatan mengenai kapasitas yang kepenuhan.

Menariknya, Xiaomi dan Google mengaktifkan fitur fast charging pada update Android 8.0 Oreo ini sehingga daya baterai dari Mi A1 dapat diisi lebih cepat dibandingkan ketika menggunakan sistem operasi Android Nougat.

Selain itu, Android Oreo juga menawarkan beberapa fitur terbaru yang terdri dari warna UI yang lebih ringan, notification dots, Autofill in apps, Night Light mode, Picture-in-Picture mode, efisiensi konsumsi baterai, dan masih banyak lagi.

Update Android Oreo ini dilakukan secara bertahap pada Xiaomi Mi A1 sehingga penggunanya harus bersabar karena tidak semuanya akan mendapatkannya pada hari yang sama. Hal ini membuat Mi A1 menjadi smartphone pertama Xiaomi yang mendapatkan sistem operasi Android Oreo.

Sekilas, Mi A1 sendiri telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM 4 GB, dan storage internal dengn pilihan 32 GB atau 64 GB. Untuk harga resminya di Indonesia mencapai Rp 3,1 juta.

[Sumber : GSMArena]

Leave a Comment