Tips dan Trik

Cara Mudah Mengganti Password Wi-Fi di Modem Huawei

Cara Ganti Password Wifi Huawei Header[Sumber: Wikimedia]

Gadgetren – Wi-Fi merupakan sumber koneksi internet yang paling banyak diburu oleh pengguna gadget, dari mulai yang tersedia secara gratis maupun yang tersedia secara berbayar.

Wi-Fi merupakan teknologi wireless, alias tanpa kabel, yang menunjang perangkat-perangkat elektronik dapat bertukar data satu sama lain melalui jaringan komputer. Teknologi ini memanfaatkan gelombang radio dalam mentransmisikan data dari satu perangkat ke perangkat lain.

Wi-Fi atau secara umum disebut dengan WLAN saat ini sudah banyak diaplikasikan di perangkat-perangkat yang menunjang aktivitas dengan mobilitas tinggi, seperti ponsel, laptop, konsol permainan, dan lain sebagainya.

Wi-Fi memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan konektivitas jenis lain. Jika dibandingkan dengan konektivitas dengan jaringan LAN, konektivitas Wi-Fi lebih memudahkan pengguna untuk mengakses internet tanpa dibatasi panjang kabel dan ketersediaan port LAN.

Jika dibandingkan dengan Bluetooth, konektivitas Wi-Fi dapat diakses dengan banyak perangkat tanpa membutuhkan proses pairing antara kedua perangkat dan juga tidak terbatas koneksi satu arah.

Dari segi kecepatan, biasanya Wi-Fi menawarkan konektivitas yang lebih memadai jika dibandingkan dengan layanan operator seluler yang tak jarang berbeda-beda tergantung lokasi dan kepadatan pengguna.

Baca Juga: Kena masalah jaringan 410 di Youtube? Ini cara memperbaikinya

Namun, tentu setiap AP (Access Point) memiliki cara masing-masing untuk mengganti passwordnya. Bagi pengguna yang menggunakan perangkat Huawei berikut ulasan bagaimana cara mengganti password Wi-Fi.

Cara Mengganti Password Wi-Fi di Perangkat Huawei

Pertama, yang perlu diperhatikan sebelum mengganti password, perangkat yang akan digunakan untuk mengganti password harus terkoneksi dengan AP yang akan diganti. Setelah itu, berikut langkah mengganti password Wi-Fi di perangkat Huawei:

  1. Buka alamat 192.168.100.1 melalui browser yang digunakan
  2. Setelah masuk ke halaman pengaturan, login ke pengaturan dengan akun dan sandi yang digunakan, secara default biasanya username dan password Wi-Fi di perangkat Huawei adalah Admin dan admin atau telecomadmin dan admintelecom
  3. Cari opsi pengaturan WLAN, kemudian masuk ke opsi WLAN Basic Configuration
  4. Pastikan opsi enable WLAN tercentang, kemudian isi SSID Name dengan nama Wi-Fi yang diinginkan
  5. Isi WPA PreSharedKey dengan kata sandi Wi-Fi yang ingin digunakan
  6. Lalu pilih tombol Apply

Jika sudah selesai, nama dan sandi Wi-Fi akan berubah ke versi yang baru. Perlu diperhatikan, semua resiko dari langkah-langkah di atas menjadi tanggung jawab pribadi masing-masing pengguna.

Dengan banyaknya lokasi Hotspot, yaitu titik akses jaringan Wi-Fi, tak jarang banyak orang ingin mendapatkan akses internet secara cuma-cuma, dari mulai mengehack maupun melakukan kecurangan lainnya.

Nah, oleh karena itu pemilik Hotspot atau Wi-Fi harus sering-sering mengganti kata sandi atau password Wi-Fi yang digunakan, untuk mengantisipasi ada orang lain yang mengetahui password tersebut.

 

Tinggalkan Komentar