Tips dan Trik

Kosongkan iCloud Dengan Menghapus Foto dan Videomu melalui iPhone! Berikut Caranya!

Cara Menghapus Foto dari Layanan iCloud Header[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Ruang penyimpanan dapat menjadi masalah bagi sebagian pengguna gadget, karena dapat memengaruhi kinerja dari perangkat.

Sebagai solusinya, beberapa orang menggunakan layanan cloud untuk menyadangkan data-data agar saat memori perangkat penuh, dapat menghapus data lokal perangkat tanpa banyak pertimbangan.

Selain untuk mengantisipasi penuhnya memori perangkat, mecandangkan data ke layanan cloud dapat digunakan untuk mengantisipasi hilangnya data saat perangkat harus direset pabrik atau diformat ulang.

Nah, permasalahannya layanan cloud gratis biasanya hanya menawarkan kapasitas ruang yang cukup sedikit, dan pengguna harus membayar jika ingin mengupgrade kapasitas penyimpanan cloud ke kapasitas yang lebih besar.

Namun, saya rasa hanya sedikit pengguna perangkat yang sadar untuk membayar untuk menggunakan layanan cloud.

Kebanyakan lebih memilih membuat akun baru atau menghapus data-data yang dirasa tidak penting lagi. Cara ini lebih hemat biaya.

Namun, bagaimana jika kita berhadapan dengan perangkat yang hanya bisa menggunakan satu akun layanan cloud, seperti saat menggunakan perangkat iPhone? Tentu pengguna perangkat ini cenderung memilih untuk menghapus data-data yang dirasa tidak penting.

iCloud atau layanan cloud untuk perangkat iPhone  adalah media penyimpanan milik Apple Inc, yang dapat digunakan untuk mensinkronisasi data secara otomatis, supaya pengguna dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Layanan ini pertama kali diperkenalkan pada tanggal 6 Juni 2011 di ajang WWDC (Worldwide Developer Conference) di San Francisco.

Layanan ini dapat digunakan dengan menggunakan hampir semua perangkat Apple, yaitu perangkat iPhone maupun MacBook.

Sama dengan layanan cloud lainnya, layanan iCloud juga menyediakan fitur yang dapat digunakan mengelola data, termasuk untuk menghapus data.

Cara Menghapus Foto di iCloud

Menghapus foto dan video dapat memberikan ketersediaan ruang yang lebih besar di dalam media penyimpanan apapun, mengingat ukuran foto maupun video biasanya cukup besar jika dibandingkan dengan data-data biasa.

iCloud termasuk di dalamnya. Pengguna perangkat buatan Apple dapat menghapus foto dan video dari layanan iCloud. Namun sebelumnya, pengguna dapat mengunduh terlebih dulu foto maupun video yang akan dihapus, memindahkannya ke penyimpanan lokal miliknya.

Berikut ini cara menghapus foto atau video dari layanan iCloud bagi pengguna iPhone:

  1. Buka aplikasi Foto pada perangkat dengan iOS 8.1 atau di atasnya
  2. Ketuk tombol Foto di bagian bawah, lalu lihat foto atau video pada berdasarkan momen
  3. Tekan tombol Pilih, dan pilih foto yang akan dihapus
  4. Lalu tekan ikon Tong Sampah, dan pilih opsi Hapus [item]

Foto yang berhasil dihapus biasanya masih akan diseimpan dalam 30 hari sebagai cadangan, pengguna dapat mengaksesnya melalui album Baru Dihapus. Namun, sebelum 30 hari, pengguna juga dapat menghapus foto-foto tersebut.

Tinggalkan Komentar