Tips dan Trik

4 Cara Mengecek Besar Kuota Paket XL Go plus Solusi Pemasalahannya

Cara Cek Kuota Mifi XL Go Feature

GadgetrenXL Axiata mengenalkan paket internet XL Go beberapa waktu lalu. Selain mendapatkan paket data setiap bulannya, pengguna juga akan memperoleh perangkat Mifi XL Go secara cuma-cuma.

XL Axiata merupakan salah satu provider layanan seluler yang ternama di Indonesia. Cukup lama berkiprah sebagai penyedia layanan telekomunikasi mobile, XL Axiata tentu memiliki komunitas pengguna yang sangat banyak. Mengingat hal tersebut, XL pun selalu berupaya agar pengguna tidak berpindah ke lain hati.

Era telekomunikasi mobile sudah mulai bergeser. Semula, pengguna ponsel hanya membutuhkan provider yang menyediakan layanan SMS dan layanan panggilan suara. Namun sekarang, era komunikasi bergeser ke komunikasi berbasis internet.

Sebagai penyedia layanan telekomunikasi, XL pun ikut mengembangkan bisnis ke lini ini.

Saat ini, sebagai penyedia layanan internet, XL telah memiliki banyak sekali paket langganan Internet. Salah satu yang cukup menggiurkan untuk dicoba adalah paket langganan bernama XL Go. XL Go merupakan paket langganan internet dari XL yang menawarkan Mifi gratis di dalamnya.

Untuk menggunakan paket ini, Anda harus mendaftar dengan biaya Rp 499.000,- untuk pertama kali, dan akan memperoleh Mifi gratis serta kuota sebesar 60 GB untuk 2 bulan dengan rincian 12 GB untuk semua jaringan dan 48 GB khusus jaringan 4G. Setelah itu, pengguna hanya perlu membayar biaya langganan sesuai Broadband Plan yang dipilih, misalnya memilih Broadband Plan M maka penggunaan hanya perlu membayar Rp 125.000,- untuk setiap bulannya.

Sangat terjangkau bukan? Namun,sedikit masalah muncul. Bukan masalah sebenarnya, hanya kekurangan informasi saja. Dengan menggunakan Mifi sebagai media pemancarnya, tak jarang pengguna kebingungan mengecek kuota dari paket XL Go ini.

1. Cara Mengecek Kuota Internet Paket XL Go

Untuk mengecek kuota dari paket XL Go, XL menyediakan beberapa cara untuk melakukannya. Cara yang saya anggap sangat mudah adalah dengan munggunakan aplikasi MyXL di ponsel Android atau mengakses http://123.xl.co.id melalui peramban/browser.

2. Cek Kuota XL Go dengan MyXL

Jika Anda akan menggunakan aplikasi MyXL, Anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store. Setelah itu ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi MyXL
  2. Jika Anda menggunakannya untuk pertama kali, Anda akan diarahkan untuk mengisi beberapa data, seperti nama, alamat email, nomor telepon, password dan lain sebagainya.
  3. Isi semua preferensi di atas.
  4. Pada laman utamanya, aplikasi akan menampilkan kuota yang kita miliki secara otomatis.

3. Cek Kuota XL Go dengan Browser

Salah satu kelebihan menggunakan metode ini, Anda dapat menggunakan browser di ponsel maupun komputer. Jika Anda memilih menggunakan browser, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:

  1. Ketikan 123.xl.co.id pada kolom url browser dan tekan enter
  2. Login dengan menggunakan akun XL yang Anda miliki
  3. Anda dapat mengeceknya dengan memilih opsi Cek Kuota.

4. Cara Aktivasi Perangkat Mifi

Namun bisa jadi Anda kesulitan mengecek kuota XL Go dengan kedua cara di atas. Hal ini mungkin karena perangkat Mifi Anda belum diaktivasi. Beberapa orang di forum XL menyatakan bahwa baru kartu yang diaktivasi saat di XL Center. Oleh karena itu Anda harus mengaktivasi Mifi yang digunakan.

Untuk melakukan hal ini, Anda memerlukan bantuan aplikasi lain. Untuk pengguna Mifi Huawei dapat menggunakan HiLink  dan untuk MV003 dapat menggunakan XLink, yang keduanya dapat diunduh melalui Google Play Store.

  1. Unduh aplikasi sesuai dengan perangkat yang Anda miliki.
  2. Buka laman http://mbb.xl.co.id/aktivasi melalui perangkat yang terhubung dengan konektivitas Mifi. Oiya, sebelumnya Anda harus membersihkan cache dari browser sebelum mengakses laman ini, dan jangan membuka tab lain.
  3. Isi preferensi yang dibutuhkan, seperti nomor XL, nomor ICCID, alamat email, no ponsel lain, sandi untuk MyXL dan lainnya .
  4. Setelah itu, Anda akan memperoleh kode OTP dan link aktivasi.
  5. Klik link yang diterima untuk mengaktivasi perangkat.
  6. Kalau gagal ulangi tahapannya, karena proses ini tergantung juga pada koneksi internet.

Demikian beberapa hal yang dapat Anda lakukan terkait dengan cara mengecek kuota internet di paket XL Go. Selamat mencobanya.

Tinggalkan Komentar