Tips dan Trik

Cara Mengintip Product Key Windows 10 di Komputermu

cara melihat product key windows 10 header[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Adakalanya kita membutuhkan product key dari sistem operasi Windows 10 yang kita gunakan. Namun, sebagai identitas komputer, product key tidak dapat kita akses begitu saja.

Terdiri dari kumpulan 25 karakter, product key menjadi kode unik untuk digunakan dalam mengaktivasi sistem operasi Windows 10. Kode unik ini adalah kode spesifik Sistem Windows, dimana setiap perangkat tentunya memiliki kode yang berbeda-beda untuk menunjukan bahwa sistem yang digunakan adalah sistem legal.

Oleh karena itu, pada beberapa komputer, product key sistem operasi Windows tidak ditampilkan untuk melindunginya dari pembajakan. Seperti halnya KTP, setiap orang harus melindungi data dari kartu identitas miliknya agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Namun, tak sedikit orang kadang membutuhkan rangkaian karakter unik tersebut untuk digunakan menginstal Windows 10 kembali. Seperti, beberapa kasus yang mengharuskan seseorang untuk mengisntal ulang laptopnya karena harus ganti motherboard atau hardware penting lainnya.

Untuk mengetahui product key Windows 10,setiap komputer memiliki cara yang berbeda-beda. Hal ini didasarkan pada metode yang digunakan untuk memperoleh Windows 10 untuk diinstal di komputernya. Jika Anda mendapatkan Windows 10 melalui retail resmi, maka Anda dapat menemukan product key Windows 10 pada label yang terdapat di dalam kotak Windows.

Atau bagi Anda yang membeli Windows 10 melalui Microsoft Store secara online, maka Anda akan memperoleh product key melalui email yang dikirimkan oleh Microsoft.

Hal ini cukup berbeda pada komputer yang memperoleh Windows 10 dari hasil upgrade Windows 7 atau 8, dimana aktivasi dilakukan dengan menggunakan sertifikat digital. Dengan metode ini pengguna tentu tidak dapat melihat product key secara langsung.

Cara Melihat Product Key Windows 10

Untuk memecahkan permasalahan tersebut, beberapa pengembang aplikasi mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat product key, Seperti NirSoft ProduKey. Aplikasi dari pihak ketiga ini dapat digunakan untuk melihat product key dengan mudah.

Mengetahui Product Key Windows 10 dengan NirSoft ProduKey

ProduKey buatan NirSoft ini dapat digunakan untuk melihat berbagai macam product key dari produk-produk buatan Microsoft, seperti Office, Windows, dan lain sebagainya. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu takut kehilangan product key, karena aplikasi ini dapat digunakan untuk melihat product key pada komputer yang tidak booting, dengan memasang Hardisknya ke komputer lain.

Cara menggunakan ProduKey sangat mudah, Anda hanya perlu mengunduhnya melalui laman web NirSoft berikut ini. Setelah terunduh, ekstrak jika masih dalam bentuk Zip, kemudian jalankan aplikasi tersebut. Saat aplikasi telah berjalan, secara otomatis aplikasi akan menampilkan daftar aplikasi beserta product key yang digunakan.

Perlu diingat bahwa beberapa Antivirus membaca aplikasi ini sebagai Virus, karena mengambil product key dianggap sebagai hal yang megancam sistem. Jika ini terjadi, Anda hanya perlu menonaktifkan perlindungan dari Antivirus tersebut.

Cukup mudah bukan? Meskipun mudah, Anda harus bijaksana menggunakan aplikasi ini. Menyebarkan product key secara ilegal termasuk ke dalam pelanggaran hukum.

Leave a Comment