Tips dan Trik

Cara Kalibrasi Baterai HP Android Agar Kembali Normal dan Sehat

Cara Kalibrasi baterai HP Android Header

Gadgetren – Kini smartphone telah menjadi salah satu perangkat penting untuk aktivitas sehari-hari, baik untuk pekerjaan, hiburan, maupun kegiatan lainnya.

Dalam smartphone sendiri terdapat salah satu komponen terpenting, yakni baterai. Bisa dibilang baterai merupakan sumber energi untuk menjalankan smartphone karena apabila smartphone mati menjadi tidak berguna sama sekali.

Namun hal yang cukup menyebalkan adalah ketika baterai sudah mulai error atau kacau. Terkadang indikator persentase baterai pada smartphone menurun drastis dalam waktu yang singkat. Hal ini tentunya perlu diperbaiki agar smartphone bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Untuk itu, Gadgeter dapat melakukan kalibarasi baterai HP smartphone atau Android yang dimilikinya terlebih dahulu. Nah, bagi Gadgeter yang penasran dengan cara kalibrasi baterai Android ini maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini :

Baca Juga: 6 Tips yang bisa kamu lakukan agar baterai HP tidak cepat habis

Cara Kalibrasi Baterai HP Android

  1. Pertama, Gadgeter dapat mengecas atau mengisi daya baterai hingga penuh mencapai kondisi 100% dalam keadaan menyala.
  2. Setelah mencapai kondisi penuh, Gadgeter dapat mematikan smartphone atau HP Android yang dimilikinya
  3. Dalam keadaan mati maka Gadgeter dapat mengecas atau mengisi daya baterai lagi pada HP atau smartphone Android yang dimilikinya hingga penuh, biasanya tanda sudah penuh terlihat pada lampu yang berwarna hijau
  4. Setelah daya terisi penuh dalam keadaam mati Gadgeter dapat menyalakan kembali HP atau smartphone Android yang dimilikinya
  5. Selanjutnya, Gadgeter dapat menggunakan HP Android untuk aktivitas, video, SMS, chat, browsing atau lainnya hingga baterai benar-benar habis dan HP Android mati sendiri (catatan : ketika melakukan aktivitas bermain atau menjalankan aplikasi jangan melakukan cas atau mengisi daya)
  6. Setelah HP Android mati karena kehabisan daya baterai, maka Gadgeter dapat mendiamkannya selama 10 hingga 20 menit.
  7. Kemudian, Gadgeter dapat melakukan cas atau pengisian daya HP Android kembali dalam keadaan mati hingga 100% tanpa dinayalakan sebelum penuh.
    Setelah daya baterai benar-benar penuh 100% maka Gadgeter dapat menyalakan kembali

Baca Juga: Apa sih penyebabnya main game bikin boros baterai?

Nah, selamat baterai HP atau smartphone Android miliki Gadgeter sudah berhasil dikalibrasi. Bisa dibilang cara ini merupakan yang paling mudah dan tidak perlu bantuan dari aplikasi atau tanpa root, namun diperlukan kesabaran agar hasil kalibrasinya berhasil. Sebaiknya kamu mencoba kalibrasi beberapa kali lagi agar hasilnya lebih bagus.

Pastikan kamu melakukan kalibrasi baterai secara berkala sekitar 6 bulan hingga 1 tahun sekali agar kapasitas baterai yang dilaporkan benar-benar sesuai dengan apa adanya. Namun, jangan terlalu sering juga karena malah akan membuat baterai lebih cepat haus dan turun kinerjanya.

Leave a Comment