Tips dan Trik

Apa Itu HDC iPhone Atau Samsung? Replika, Palsu, Refurbish?

HDC iPhone Samsung

Gadgetren – Kehadiran smartphone replika sudah hadir cukup lama dan akan terus ada karena memiliki pasar tersendiri bagi yang memang tidak memusingkan hal tersebut.

Dengan berbagai kualitas dan harga yang berbeda-beda, smartphone replika pun kini memiliki banyak variasi. Namun salah satu model smartphone replika yang sudah cukup banyak bisa kamu temukan di Indonesia merupakan replika HDC untuk iPhone atau Samsung Galaxy.

Buat kamu yang belum tahu mungkin bertanya sebenarnya apa itu HDC? Apakah sama dengan label DoCoMo yang juga sering ditemukan? Berikut ini informasinya.

Penjelasan Apa Itu HDC iPhone Atau Samsung

HDC adalah sebuah produsen smartphone yang secara khusus menghadirkan barang replika atau tiruan super copy dengan tingkat kemiripan pada bagian desain yang sangat akurat jika dibandingkan aslinya. HDC iPhone mengartikan bahwa “iPhone” tersebut dibuat oleh HDC sehingga bukan asli dari Apple.

Dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah, HDC menawarkan pengalaman seperti memegang smartphone kelas premium. Kamu bisa memiliki smartphone mirip iPhone atau Galaxy kelas flagship keluaran terbaru dengan harga sekitar Rp 1,5 jutaan saja dimana versi asli bisa mencapai lebih dari Rp 8 jutaan.

Hal ini tentu menjadi daya tarik utama para pengguna yang membeli smartphone HDC karena tidak sedikit yang suka dengan salah satu desain premium dari smartphone kelas atas, namun tidak ingin merogoh kocek sebanyak itu.

Cara Membedakan HDC dan Asli

Smartphone buatan HDC memang perlu diakui punya tampilan yang sangat mirip sekali, baik sisi desain luar maupun sistem operasinya. Bagi orang awam pastinya akan sangat kesulitan untuk memberdakan antara smartphone HDC dan asli karena hampir semua bagian dibuat semirip mungkin.

HDC iPhone App Store[sumber : Techvarium]

Baik iPhone maupun Samsung, sebagai jajaran paling populernya, memiliki tampilan antarmuka yang sangat mirip sekali. Bahkan hingga App Store di iPhone maupun fitur Bixby di Galaxy Series pun dibuat semirip mungkin.

Menariknya, iPhone HDC akan cukup sulit dibandingkan dengan versi asli jika kamu belum pernah menggunakan perangkat buatan Apple tersebut. Tampilan App Store di iPhone HDC memang serupa saat dilihat secara sekilas, namun itu sebenarnya aplikasi buatan HDC sendiri yang terhubung ke Google Play Store.

Sementara untuk HDC Samsung juga tidak kalah sulitnya karena memang pada dasarnya menggunakan sistem operasi Android juga. Satu hal yang bisa kamu lakukan adalah membandingkannya dengan versi asli melalui gambar di internet karena akan muncul sedikit perbedaan karena teknologi yang digunakan tidak secanggih aslinya.

HDC iPhone Galaxy[sumber : Redskull]

Maka dari itu selalu pastikan kembali spesifikasi yang dimiliki sudah sesuai dengan apa yang dimiliki oleh aslinya, entah itu melihat video review atau lainnya. Ada baiknya juga untuk selalu membeli smartphone di toko resmi untuk menghindari kesalahan membeli atau tertipu.

Namun buat kamu yang memang mencari smartphone replika, maka HDC tidak ada salahnya untuk dicoba. Walaupun begitu kamu harus selalu berhati-hati karena pastinya tidak 100% terjamin seperti versi asli.

Kelemahan Smartphone HDC

Pastinya akan selalu ada kelemahan pada smartphone replika, baik itu HDC iPhone maupun Samsung. Salah satu yang paling utama tentunya dukungan jangka panjang yang akan kamu dapatkan nantinya. Jarang sekali smartphone replika mendapatkan pembaruan sistem operasi yang cukup penting seperti soal menambal celah keamanan hingga penambahan fitur baru.

Smartphone HDC juga dipastikan tidak akan memiliki fitur-fitur terbaru baik itu dari sisi software maupun lainnya. Contohnya saja pada iPhone memiliki fitur 3D Touch yang tidak mungkin direplika karena membutuhkan biaya lebih mahal.

Belum lagi smartphone HDC juga tidak dapat dipastikan bagaimana jaminan kualitas untuk setiap produk yang dikeluarkan sehingga tidak menutup kemungkinan akan ada banyak error atau permasalahan lain yang akan menghantui penggunaan sehari-hari.

Walaupun smartphone replika dari HDC terasa menggiurkan, saya tetap menyarankan untuk membeli produk asli karena kamu pastinya ingin punya smartphone yang tahan lama, nyaman digunakan, dan mudah mencari service center jika terjadi suatu kerusakan atau hal lainnya.

Tinggalkan Komentar

4 Komentar