Smartphone

OPPO A57 vs OPPO F1. Manakah Smartphone RAM 3 GB Terbaik?

OPPO A57 vs OPPO F1 Header

Kini OPPO semakin bersinar di Indonesia dan berhasil menduduki peringkat kedua di tanah air. Beberapa smartphone yang banyak ditanyakan oleh pengguna smartphone adalah OPPO A57 vs OPPO F1.

Keduanya memang sama-sama dibuat oleh vendor OPPO, namun berada di kelas smartphone yang berbeda. Salah satu smartphone ini merupakan kelas flagship yang menjadi kebanggaan OPPO walaupun hargany terbilang lebih mahal dibandingkan satunya lagi.

Kedua smartphone ini cukup menarik untuk kita lihat perbadaannya agar bisa lebih jelas mana yang terbaik. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

OPPO A57 vs OPPO F1

Kamera

OPPO A57 telah dibekali dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.2, PDAF, ditambah LED Flash dan kamera depan beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0. Sementara OPPO F1 memiliki kamera belakang beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.2, PDAF, ditambah LED Flash dan kamera depan beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0.

Terlihat OPPO A57 memiliki kamera depan yang lebih unggul jika dari spesifikasinya saja. Namun tentunya kamera bukan soal spesifikasi saja melainkan juga kemampuan teknis dan dukungan software yang OPPO berikan pada setiap perangkatnya.

Spesifikasi Hardware

OPPO A57 memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 435 Octa-core berkecepatan 1,4 GHz, RAM 3 GB, dan penyimpanan internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD. Sementara OPPO F1 memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 616 Octa-core berkecepatan 1,7 GHz, RAM 3 GB, dan penyimpanan internal 16 GB yang dapat ditambahkan microSD. Secara kecepatan memang OPPO F1 lebih munggul.

Melihat chipset yang ditawarkan bisa terlihat kalau OPPO F1 lebih cepat. Ditambah lagi seri Snapdragon 600 punya optimalisasi pengguaan daya yang lebih efisien sehingga bisa membuat smartphone kamu lebih tahan lama digunakan sehari-hari.

Baterai

OPPO A57 dibekali dengan baterai berkapasitas 2.900 mAh. Sedangkan OPPO F1 hanya memiliki baterai dengan kapasitas 2.500 mAh. Terlihat OPPO A57 memiliki daya tahan baterai yang sedikit lebih tahan lama. OPPO F1 tertolong dengan penggunaan chipset Snapdragon 616 yang lebih efisien. Walaupun begitu di antara keduanya tidak akan memiliki perbedaan daya tahan yang terlalu jauh.

Layar

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki layar beresolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi IPS. Untuk lebar layar OPPO A57 mencapai 5,2 inci dan OPPO F1 memiliki lebar 5 inci. Selain itu, OPPO F1 dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 4. Dikarenakan OPPO F1 mempunya bentang lebih kecil, maka kerapatan piksel pun menjadi lebih tinggi sehingga tampilan gambar lebih jelas.

Fitur Lainnya

OPPO F1 dan OPPO A57 sama-sama telah dibekali dengan port microUSB, FM Radio, GPS, Bluetooth, dan port jack audio 3,5mm. Namun OPPO A57 memiliki sensor fingerprint pada tombol home dan ColorOS 3.0 berbasiskan Android 6.0 Marshmallow. Sedangkan OPPO F1 menggunakan ColorOS 2.1 berbasiskan Android 5.1 Lollipop.

Harga

Kini OPPO A57 memiliki harga yang mencapai Rp 3,1 jutaan. Sedangkan OPPO F1 dibanderol dengan harga yang mencapai Rp 2,1 jutaan. Harga antara keduanya terpaut cukup jauh karena OPPO F1 termasuk ke dalam kelas flagship dan itu terlihat pada spesifikasi yang ditawarkannya.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari performa dan harga maka OPPO F1 bisa menjadi pilihan. Penggunaan chipset Snapdragon 616 dan kamera selfie expert yang dimiliki bisa menjadi daya tarik utama untuk sebagian orang yang mementingkan hal tersebut.

Namun jika dilihat dari daya tahan baterai, fitur, sistem operasi, dan sensor fingerprint maka OPPO A57 yang cocok menjadi pilihannya karena smartphone ini merupakan produk yang lebih baru. Jadi tinggal disesuaikan dengan selera yang kamu inginkan.

Leave a Comment