Smartphone

Samsung Galaxy C9 Pro vs OPPO F3 Plus. Mana Smartphone dengan Performa Terbaik?

Samsung Galaxy C9 Pro vs OPPO F3 Plus Header

Kini Samsung dan OPPO telah merajai smartphone di Indonesia. Hal yang utama yang membuat keduanya menjadi yang teratas di tanah air karena dana iklan dan kampanye yang dimiliki kedua vendor ini sangat besar.

Hasilnya Samsung masih menduduki peringkat pertama dan Oppo telah menjadi peringkat kedua di Indonesia. Selanjutnya, banyak yang bertanya mengenai performa dari Samsung Galaxy C9 Pro vs OPPO F3 Plus. Mana sebenarnya yang lebih baik untuk dimiliki atau apakah itu memenuhi kebutuhan untuk kamu?

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan performanya maka dapat melihat informasi perbandingan di bawah ini

Samsung Galaxy C9 Pro vs OPPO F3 Plus

Kamera

Samsung Galaxy C9 Pro dibekai dengan kamera depan dan belakang yang beresolusi 16 MP ditambah aperture f/1.9. Sedangkan OPPO F3 Plus memiliki dual-camera depan dengan kombinasi 16 MP + 8 MP ditambah aperture f/2.0. Sementara kamera belakangnya beresolusi 16 MP dengan aperture f/1.7. Dari sisi kameranya, OPPO F3 Plus lebih unggul.

Spesifikasi Hardware

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 653 Octa-core berkecepatan 1,95 GHz, prosesor grafis Adreno 510, dan penyimpanan internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Sementara RAM yang dimiliki Galaxy C9 Pro mencapai 6 GB yang lebih besar daripada RAM OPPO F3 Plus dengan kapasitas 4 GB. Namun secara performa, OPPO F3 Plus lebih unggul dibandingkan Galaxy C9 Pro. Sepertinya RAM 6 GB yang dimiliki C9 Pro belum bisa digunakan secara optimal.

Layar

OPPO F3 Plus dan Samsung Galaxy C9 Pro sama-sama memiliki layar 6 inci yang beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel). Sementara itu, layar Galaxy C9 Pro berteknologi Super AMOLED dan dilindungi Corning Gorilla Glass. Sedangkan OPPO F3 Plus memiliki layar dengan teknologi IPS LCD dan dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Baterai

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Jika dilihat dari performanya maka Samsung Galaxy C9 Pro akan lebih hemat dibandingkan OPPO F3 Plus.

USB Type-C

Galaxy C9 Pro telah memiliki teknologi baru dengan menggunakan port USB Type-C. Sedangakan OPPO F3 Plus masih menggunakan port microUSB 2.0 yang saat ini masih banyak digunakan oleh berbagai smartphone.

Fitur lainnya

Keduanya sama-sama telah menggunakan sensor fingerprint, Bluetooth, dan Wi-Fi. Namun hanya Galaxy C9 Pro yang memiliki fitur NFC. Untuk sistem operasinya Galaxy C9 Pro lebih maju dengan Android 6.0.1 Marshmallow dibandingkan OPPO F3 Plus dengan ColorOS 3.0 berbasiskan Android 6.0 Marshmallow.

Harga

Samsung Galaxy C9 Pro dibanderol dengan harga yang mencapai Rp 7 juta dan OPPO F3 Plus memiliki harga yang mencapai Rp 6,5 juta. Keduanya sama-sama dijual resmi di Indonesia.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari performa, harga, dan kamera depan yang unik maka OPPO F3 Plus bisa menjadi pilihannya. Namun Galaxy C9 Pro dapat menjadi pilihan jika dilihat dari sisi fitur terbaru, spesifikasi hardware, dan daya tahan baterai.

Leave a Comment