ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tekno

TOP 5 Smartphone Harga Rp 3 Jutaan Terbaik di Tahun 2016

HP 3 Jutaan Terbaik 2016 Header

GADGETREN – Smartphone atau dulu lebih umum disebut sebagai handphone (HP) sekarang sudah semakin banyak dan mudah untuk ditemukan termasuk pada kisaran harga Rp 3 jutaan. Berbagai varian dan model dengan kelebihan masih-masing bisa kamu pilih agar sesuai dengan dana yang dimiliki.

Untuk bisa menemukan HP Rp 3 jutaan yang tepat untuk kamu membutuhkan riset terlebih dahulu agar tidak salah beli. Nah oleh karena itu agar kamu lebih mudah dalam memilih smartphone harga terbaik yang ada di 2016, Gadgetren memberikan beberapa rekomendasi smartphone dari beberapa merek yang bisa kamu pilih.

Berikut beberapa HP harga Rp 3 jutaan terbaik 2016 berbasis sistem operasi Android untuk kamu pilih.


ASUS Zenfone 3 harga 3 jutaan

ASUS Zenfone 3

ASUS Zenfone 3 mempunyai kemampuan yang sangat seimbang dari berbagai hal baik itu sisi performa maupun sisi fotografi. Smartphone flagship besutan ASUS ini menggunakan chipset Snapdragon 625 yang menggunakan daya lebih secara optimal.

Kinerjanya memang bukan yang terkencang saat ini karena termasuk ke dalam kelas menengah, tapi cukup lancar untuk bermain game berat sekalipun dan tidak cepat panas ketika digunakan dalam waktu lama. Ditambah lagi layarnya menggunakan panel Super IPS+ dengan resolusi Full HD 1080p jadi selain punya sudut penglihatan baik juga punya kontras warna yang menawan.

Buat yang suka dengan fotografi juga tidak akan kecewa dengan kamera yang diboyongnya. ASUS Zenfone 3 ini mempunyai kamera utama 16MP dengan aperture f/2.0 yang mampu menghasilkan gambar indah dan dalam keadaan low light sekalipun hasil gambar tetap jelas.

Selain itu juga terdapat 4-axis OIS (Optical Image Stabilization) dan 3-axis EIS (Electronic Image Stabilization) agar hasil gambar tetap stabil ketika mengambil dalam kondisi bergerak. ASUS Zenfone 3 sangat cocok buat kamu yang ingin menggunakan smartphone untuk berbagai kebutuhan aktivitas tanpa harus kompromi kualitas. Baca review ASUS Zenfone 3 lebih lengkap di sini.

LayarSuper IPS+ 5,5 inci FHD 1920 x 1080 pixels, 401ppi
Pelindung LayarCorning Gorilla Glass 3
ProsesorQualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2.0GHz
RAM3GB
Memori Internal32GB
microSDup to 128GB
Sistem OperasiAndroid 6.0.1 Marshmallow (ZenUI 3.0)
Kamera Belakang16MP, f/2.0. PDAF, OIS, dual-tone LED flash
Kamera Depan8MP, f/2.0
SensorFingerprint, Accelerometer, Proximity, Ambient light sensor, Gyro Sensor, Compass, RGB Sensor
BateraiLi-ion 3000 mAh
LainnyaDual-SIM

Xiaomi Mi5 harga 3 jutaan

Xiaomi Mi5

Xiaomi Mi5 sangat cocok buat kamu yang menginginkan smartphone dengan kinerja maksimal dan sanggup memainkan segala game yang ada dengan lancar tanpa perlu takut mengalami lag. Tidak heran memang melihat Mi5 sebagai smartphone flagship dari Xiaomi.

Chipset Qualcomm Snapdragon 820 yang disematkan merupakan salah satu yang tercepat untuk saat ini bahkan bisa disetarakan dengan Samsung Galaxy S7. Jika kamu merasa itu belum cukup, ada varian Mi5 Pro yang lebih cepat lagi dan tentunya dengan harga yang lebih tinggi juga.

Layarnya menawarkan resolusi Full HD 1080p dalam bentang 5,5 inci dan panel IPS. Layar dari Mi5 ini cukup cerah, warna yang hidup, dan detil. Kamera utama 16MP yang terpasang mampu menghasilkan kualitas gambar menakjubkan dan dalam keadaan lowlight hasil gambar memiliki noise yang dapat diterima.

Salah satu kekurangan dari Xiaomi Mi5 ini terletak pada sistem operasinya karena tidak semua orang senang dengan MIUI dan juga jika terjadi suatu masalah akan sedikit sulit untuk menyelesaikannya karena utamanya Xiaomi menyasar para pengguna yang senang “ngoprek” smartphone mereka.

LayarIPS 5,5 inci FHD 1920 x 1080 pixels, 428ppi
Pelindung LayarCorning Gorilla Glass 4
ProsesorQualcomm Snapdragon 820 Quad-core 1,8GHz
RAM3GB
Memori Internal32GB
microSD
Sistem OperasiAndroid 6.0 Marshmallow (MIUI 8)
Kamera Belakang16MP, f/2.0. PDAF, OIS, dual-tone LED flash
Kamera Depan4MP, f/2.0
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
BateraiLi-Po 3000 mAh
LainnyaDual-SIM

Vivo V5 harga 3 jutaan

Vivo V5

Vivo V5 memang masih terbilang baru hadir di Indonesia, tetapi banyak tertarik oleh smartphone satu ini. Alasannya terletak pada kamera depan 20.2MP dengan aperture f/2.0 dan sensor Sony IMX376 Exmor yang diperuntukkan untuk para penggemar selfie.

Hasilnya kamera depan V5 mampu menghasilkan gambar selfie yang detil dengan reproduksi warna sangat baik. Selain itu juga terdapat fitur bernama Moonlight Flash untuk memberikan pencahayaan lebih baik dibandingkan LED flash ketika mengambil foto selfie dalam keadaan mini cahaya.

Untuk spesifikasinya sendiri terbilang tidak terlalu spesial dengan chipset MediaTek MT6750 berprosesor Octa-core 1,5GHz, namun kapasitas RAM yang dimiliki sudah mencapai 4GB. Vivo V5 ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi VolTE dan chip audio yang dapat memberikan kualitas suara Hi-Fi.

Secara keselurahan Vivo V5 ini sangat cocok buat kamu para pecinta selfie ria dan digunakan secara lancar dalam aktivitas keseharian.

LayarIPS 5,5 inci HD 1280 x 720 pixels, 267ppi
Pelindung LayarCorning Gorilla Glass
ProsesorMediaTek MT6750 Octa-core 1,5GHz
RAM4GB
Memori Internal32GB
microSDup to 256GB
Sistem OperasiAndroid 6.0 Marshmallow (FunTouch OS 2.6)
Kamera Belakang13MP, PDAF, LED flash
Kamera Depan20.2MP, f/2.0. Sony IMX376 Exmor RS
SensorFingerprint, Accelerometer, Proximity, Ambient light sensor, Compass
BateraiLi-ion 3000 mAh
LainnyaVoLTE, Dual-SIM

Samsung Galaxy J7 Prime harga 3 jutaan

Samsung Galaxy J7 Prime

Galaxy J7 Prime sebagai smartphone kelas menengah dari Samsung juga terbilang tidak kalah, tidak seperti beberapa waktu lalu. Samsung Galaxy J7 Prime mampu menawarkan performa yang cukup cepat dengan chipset Exynos 7870 Octa-core milikinya.

Smartphone berukuran 5,5 inci ini sanggup diajak bermain game berat dengan lancar, apalagi hanya sekedar menjalankan aplikasi seperti Facebook atau Instagram. Untuk harganya, Samsung Galaxy J7 Prime memiliki baterai berkapasitas 3.300 mAh yang mampu memutar video selama lebih dari 14 jam tanpa berhenti.

Terdapat juga modus S Power Planning untuk menghemat baterai lebih jauh lagi buat kamu tidak sedang tidak dapat melakukan isi ulang daya. Modus ini mematikan berbagai fitur dan fungsi smartphone sehingga menyisakan yang penting saja.

 LayarIPS 5,5 inci FHD 1920 x 1080 pixels, 401ppi
Pelindung LayarCorning Gorilla Glass 4
ProsesorExynos 7870 Octa-core 1,6GHz
RAM3GB
Memori Internal32GB
microSDup to 256GB
Sistem OperasiAndroid 6.0.1 Marshmallow
Kamera Belakang13MP, f/1.9, LED flash
Kamera Depan8MP, f/1.9, LED flash
SensorFingerprint, Accelerometer, Proximity, Ambient light sensor
BateraiLi-ion 3300 mAh
LainnyaDual-SIM

Oppo F1s harga 3 jutaan

Oppo F1s

Oppo F1s dengan tagline “Selfie Expert” menyasar kategori pengguna yang sama dengan Vivo V5, yakni para pecinta selfie yang menginginkan kualitas menawan. Desain Oppo F1s ramping dan ringan, namun masih terasa kokoh berkat material bodinya yang berbahan metal.

Tentu saja fitur utamanya terletak pada kamera depan dengan aperture f/2.0 sehingga tetap menghasilkan gambar jernih dalam kondisi minim cahaya sekalipun. Fitur Beatify 4.0 bisa kamu gunakan ketika mengambil seflie agar hasil foto kamu menjadi lebih menawan lagi. Kamera 13MP pada bagian belakangnya juga memiliki hasil yang tidak kalah bagusnya.

Oppo F1s dijalankan oleh chipset MediaTek MT6750 dengan RAM 3GB sehingga dipastikan cukup lancar untuk digunakan dalam keseharian. Yang cukup menarik dari perangkat Oppo itu sistem operasi ColorOS yang memiliki tampilan mirip iOS membuatnya digemari oleh para penggunanya.

Oppo F1s cocok buat kamu yang menginginkan iPhone rasa Android dengan kamera depan khusus untuk selfie. Baca review Oppo F1s lebih dalam lagi di sini.

LayarIPS 5,5 inci HD 1280 x 720 pixels, 267ppi
Pelindung LayarGorilla Glass 4
ProsesorMediaTek MT6750 Octa-core 1,5GHz
RAM3GB
Memori Internal32GB
microSDup to 128GB
Sistem OperasiAndroid 5.1 Lollipop (ColorOS 3.0)
Kamera Belakang13MP, f/2.2, PDAF, LED flash
Kamera Depan16MP, f/2.0
SensorFingerprint, Accelerometer, Proximity, Ambient light sensor, Compass
BateraiLi-Polimer 3075 mAh
LainnyaDual-SIM

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar