Berita Gadget Laptop

Acer Perkenalkan Tiga Varian Chromebook untuk Dorong Pendidikan Indonesia

acer-chromebook-r11-launch-header

Kehadiran vendor Acer dalam pasar laptop di Indonsia sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sangat banyak produk mereka yang digunakan oleh berbagai kalangan. Kali ini Acer memperkenalkan tiga varian Chromebook sekaligus, yakni Chromebook R11, Chromebook 11, dan Chromebook 14 yang menyasar para kaum pelajar.

Dengan menghadirkan seri Chromebook, Acer ingin mendorong Computer Based Training (CBT) atau pembelajaran berbasis komputer di Indonesia semakin luas lagi. Chrome OS dipilih oleh Acer selain mempunyai kinerja yang cepat dan stabil juga karena sudah terintegrasi dengan Google for Education. Cukup dengan mempunyai akun Google sudah bisa menggunakan seluruh layanan yang ditawarkan tanpa perlu repot membuat infrastruktur sendiri.

Ketiga seri Acer Chromebook tersebut didukung oleh sistem Google Classroom agar proses belajar antara guru dan siswa lebih mudah. Dengan sistem ini para guru dapat mengirimkan tugas, mengaddakan ujian, dan memberikan nilai secara langsung kepada murid.

Acer Chromebook R11

acer-chromebook-r11

Acer Chromebook R11 merupakan produk yang paling menarik dibandingkan kedua lainnya. R11 mengusung desain convertible dengan layar touchscreen yang dapat dilipat 360 derajat menyerupai tablet. Pada bagian engselnya terdapat desain dual-torque hinge agar dapat tahan dari siksaan dilipat secara terus menerus tanpa perlu takut cepat rusak. Bobotnya sendiri hanya sekitar 1,2 kg saja sehingga bisa dibawa kemana saja dengan mudah.

Selain menggunakan Chrome OS, laptop canggih satu ini juga mendukung Android Play Store dan mampu menjalankan berbagai aplikasi Android termasuk game. Hal ini membuat Acer Chromebook R11 sangat fleksibel untuk memenuhi kebutuhan segala aktivitas. Harga dari Acer Chromebook R11 dibandrol pada kisaran Rp 4.999.000.

Acer Chromebook 11

acer-chromebook-11

Acer Chromebook 11 mempunyai desain yang sangat cantik dengan tekstur nano-print pada permukaan. Dapur pacunya menggunakan prosesor Intel Celeron yang dipadukan dengan RAM 2GB untuk menghasilkan kinerja cukup baik. Acer Chromebook 11 ini membutuhkan waktu untuk booting sekitar 8 detik saja, namun ketika diuji coba bahkan bisa lebih cepat dari itu. Pihak Acer mengatakan bahwa laptop mungil satu ini dapat bertahan hingga 12 jam dalam penggunaan normal. Harga dari Acer Chromebook 11 dibandrol pada kisaran Rp 3.399.000.

Acer Chromebook 14

Acer Chromebook 14 dari segi desain tidak terlalu berbeda dengan adiknya hanya saja layarnya menawarkan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels dan RAM 4GB agar dapat menjalankan aplikasi lebih baik lagi. Seperti Chromebook 11, rangkanya juga terbuat dari aluminium yang dapat menahan beban hingga 60 kg. Soal ketahanan baterai, Chromebook 14 dikatakan mampu bertahan hingga 14 jam penggunaan. Harga dari Acer Chromebook 14 dibandrol pada kisaran Rp 4.799.000

Apakah kalian tertarik untuk menggunakan laptop dengan sistem operasi Chrome OS ini? Sayangnya ketiga laptop Chromebook besutan Acer ini tidak dijual secara ritel melainkan hanya ke sekolah – sekolah saja. Diharapkan kedepannya Acer Chromebook tersedia secara umum karena peminatnya terbilang cukup banyak.

Leave a Comment