Tips dan Trik

Tips: Cara Menghapus Riwayat Youtube Tanpa Bekas di Aplikasi dan Web

cara menghapuse riwayat youtube header

GADGETREN – Bagaimana cara menghapus riwayat Youtube yang telah kita tonton? Pertanyaan ini pasti muncul buat kamu yang baru saja menggunakan Youtube dan telah menyaksikan “sesuatu” yang tidak ingin diketahui oleh orang lain.

Dalam era digital ini, hampir semua apa yang kita lakukan di dunia maya pasti terekam atau tersimpan riwayat kungjungannya. Sudah tidak asing lagi ketika kita melakukan berselancar di internet menggunakan sebuah browser pasti alamat situs yang kita buka pasti terdaftar. Begitu juga dengan aplikasi Youtube yang sebagai situs berbagi video paling popular melakukan hal tersebut jika kamu telah membuat akun.

Hal ini sebenarnya untuk mempermudah proses kunjungan atau pencarian selanjutnya karena aplikasi mempunyai gambaran apa yang kita inginkan. Selain itu, Youtube juga dapat memberikan rekomendasi video secara akurat dengan melihat riwayat tontonan kita.

Namun, hal ini terkadang menjadi kendala jika tidak ingin orang lain tahu kegiatan kita. Sesekali menghapus riwayat Youtube juga dapat berdampak baik untuk memberikan rekomendasi lebih optimal saat kita sudah menyaksikan terlalu banyak variasi video.

Nah untuk tips dan trik dari Gadgetren kali ini merupakan cara menghapus riwayat Youtube melalui aplikasi maupun dengan browser.

Melalui Aplikasi

1. Buka aplikasi Youtube

2. Pilih kategori Account, lalu pada bagian bawah pilih Riwayat / History

youtube-app-riwayat3. Pada bagian ini kamu dapat melihat seluruh daftar video yang telah ditonton. Kamu bisa menghapus satu per satu video yang tidak diinginkan dengan cara menekan lambak titik tiga di setiap video atau untuk menghapus semuanya pilih icon tong sampah di pojok kanan atas.

youtube-app-trash-icon

4. Pada perintah selanjutnya pilih Clear History / Hapus Riwayat dan voila semua langsung hilang dalam sekejap

youtube-app-confim

Melalui browser

1. Kunjungi halaman Youtube dan masuk ke akun Google milik kamu

2. Pada bagian kiri pilih kategori History / Riwayat

youtube-browser

2. Selanjutnya pilih Clear all watch history / Hapus semua riwayat.

youtube-browser-confirm


Eitssss….. tunggu dulu, masih ada satu tips lagi. Buat kamu yang tidak suka menghapus riwayat Youtube terus – menerus terdapat fitur untuk menghentikan Youtube agar tidak menyimpan riwayat. Caranya cukup mudah, pada bagian History / Riwayat terdapat fitur Pause watch history yang bisa kamu gunakan.

youtube-pause-feature

Sekian tips cara menghapus riwayat Youtube yang bisa kamu gunakan. Dengan cara ini seluruh daftar video yang telah kamu saksikan dapat terhapus tanpa bekas.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Fauzi Rasyad

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut yang suka memantau perkembangan teknologi

Writer di Gadgetren