Aplikasi Berita

Apa itu Aplikasi Home di iOS 10 dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Home App iOS 10 header

Kamu yang baru saja melakukan update iPhone menjadi sistem operasi terbaru dari Apple pasti bertanya-tanya apa sih fungsi Home di iOS 10 yang tiba-tiba muncul? Gadgetren kali ini akan memberikan sedikit penjelasan mengenai aplikasi Home ini.

Apa itu Home?

Home merupakan aplikasi terbaru yang muncul bersamaan dengan sistem operasi iOS 10 yang resmi rilis pada 14 September 2016 lalu. Dengan aplikasi Home ini Apple menginginkan pengguna iOS 10 lebih mudah dalam mengatur segala sesuatu yang terjadi di rumah atau tempat tinggal. Jadinya iPhone kamu bisa menjadi penghubung utama untuk mengontrol peralatan rumah.

Apple sendiri sudah cukup lama mulai bekerja sama dengan para pembuat peralatan rumah agar bisa peralatan bisa terintegrasi dengan fitur Home di iOS 10 dengan melalui jaringan nirkabel baik itu Wi-FI atau Bluetooth. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kamu harus memiliki peralatan dengan label “Works With Apple HomeKit” atau dapat bekerja dengan Apple HomeKit.

Apa fungsi Home di iOS 10?

Fungsi Home di iOS 10 secara garis besar sebagai perantara untuk mengendalikan peralatan rumah tangga atau simpelnya sebagai remote control. Aplikasi Home akan membagi wilayah menjadi Rooms, Scenes, dan Automations. Sebagai contohnya kamu bisa menyalakan lampu atau mengatur tingkat keterangan lampu dengan menggunakan aplikasi Home ini.

Yang paling menarik itu pada bagian Automations. Dengan fitur ini iOS 10 dapat melacak keberadaan kamu dan membuat peralatan menyala secara otomatis. Misalnya kamu berjalan ke kamar, maka lampu dan penghangat ruangan dapat menyala dengan sendirinya dan begitu juga ketika meninggalkan ruangan akan mati sendiri.

Fungsi Home di iOS 3

Bagaimana Cara Menggunakan Home?

Tentu saja yang paling utama peralatan rumah harus  memiliki label “Works With Apple HomeKit” dan terhubung ke jaringan Wi-Fi sama. Selanjutnya kamu dapat memilih perangkat apa yang diinginkan dan mengaturnya dengan membuat skema baru atau secara satu per satu.

Tentu kamu juga dapat menggunakan fitur 3D Touch sebagai jalan pintas dalam mengatur segala hal. Potensi yang dapat dilakukan oleh fitur 3D Touch ini cukup luas tergantung peralatan apa yang diinginkan.

Fungsi Home di iOS 10 2


Di Indonesia sendiri peralatan rumah yang bisa digunakan dengan aplikasi ini masih sedikit dan cukup jarang ditemui. Oleh karena itu fungsi Home di iOS 10 sangat tidak terasa untuk sebagian besar pengguna perangkat Apple di Indonesia.

Namun jika fitur ini sukses maka akan membuat apa yang dikenal sebagai Smart Home semakin menarik dan patut untuk ditunggu pada masa depan.

Leave a Comment