Berita

Xiaomi akan Sematkan Sensor Ultrasonic Fingerprint di Mi 5s. Apa Keunggulannya?

Xiaomi Mi 5 Pro White 3D Glass

Beberapa waktu lalu telah muncul bocoran mengenai spesifikasi hardware dari Xiaomi Mi 5s yang akan mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 821 dan RAM 6 GB. Tentu saja spesifikasi hardware yang ditawarkan ini, membuat sebagian orang tidak sabar ingin meminang Xiaomi Mi 5s.

Selanjutnya, ada kabar menarik lagi mengenai Xiaomi Mi 5s yang akan menggunakan sensor ultrasonic fingerprint yang disematkan pada tombol fisik Home. Kabar ini terungkap dari akun Weibo resmi milik Kevin Wang selaku Director of Electronics Research in China for IHS Technology.

Dengan sensor ini, smartphone tersebut dapat mengenali sidik jari dengan akurat meskipun jari tertutup minyak, debu, atau kotoran lainnya. Hal ini bisa terjadi karena sensor ultrasonic fingerprint mengenali sidik jari dengan menggunakan gelombang ultrasonik yang dipancarkan langsung ke sidik jari sehingga permukaan dan tekstur pola sidik jari dapat dikenali dengan akurat.

Teknologi pengenalan sidik jari menggunakan gelombang ultrasonik telah diperkenalkan sejak prosesor Qualcomm Snapdragon 820 dengan arsitektur Kryo diluncurkan pertama kali. Namun implementasi ultrasonic fingerprint masih jarang digunakan oleh smartphone yang menggunakan prosesor tersebut.

Kini beberapa vendor smartphone telah mencoba menggunakan sensor ini dan salah satu vendor yang menggunakannya adalah Xiaomi.

[Sumber : Gizmochina]

Leave a Comment