Berita Tips dan Trik

Tips : Cara Memindahkan Seluruh Kontak dari Android ke iPhone

Cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone

Kontak merupakan data yang sangat penting dalam sebuah smartphone dan tentu kamu ingin tetap memilikinya apapun jenis perangkat maupun sistem opreasi yang digunakan.

Kedatangan iOS 10 dan iPhone 7 menjadi salah satu daya tarik pengguna berpindah ke perangkat besutan Apple ini. Buat kamu yang ingin atau mungkin telah berpindah dari Android ke iPhone mungkin akan bertanya apakah bisa dan bagaimana cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone. Jawabnnya tentu bisa dan sangat mudah untuk dilakukan.

Gadgetren kali ini akan memberikan beberapa cara memindahkan kotak dari Android ke iPhone yang bisa kamu lakukan di sistem operasi iOS 10 maupun versi terdahulu.

Sinkronisasi Akun Gmail

Cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone yang paling mudah itu menggunakan fitur sinkronisasi yang sudah lazim pada sebuah smartphone. Google tetap mendukung pengguna iPhone walaupun sistem operasi iOS bisa dikatakan sebagai kompetitor.

Tentu untuk bisa melakukan cara ini kamu harus sudah melakukan sinkronisasi kontak yang ada di perangkat Android ke akun Gmail jadi sebaiknya pastikan dahulu pengaturan tersebut menyala. Bagi kamu yang terbiasa melakukan sinkronisasi akan merasa cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone sangatlah mudah.

Kamu tinggal menghubungkan akun Gmail ke perangkat iPhone melalui Setting > Mail, Contacts, Calendar > Gmail. Setelah perangkat terhubung kamu dapat memilih sinkronisasi data penting apa saja yang ada pada akun Gmail. iPhone akan langsung melakukan sinkronisasi dengan server Google dan daftar kontak kamu akan muncul semua.

Sinkronisasi Gmail iPhone

(klik untuk perbesar)

Membuat File VCF

Buat kamu yang tidak terlalu suka data pribadi harus selalu ada di penyimpanan awan mungkin dapat menggunakan metode ini. Cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone yang kedua bisa dengan membuat file VCF. Bagi yang pernah memindahkan kontak di ponsel sebelum era smartphone mungkin tidak asing dengan metode ini.

Kamu dapat mengikuti langka-langkah berikut ini untuk membuat file VCF dan memindahkannya ke iPhone.

  1. Masuk ke aplikasi Contacts di perangkat Android
  2. Tekan menu titik tiga pada bagian kanan atas dan pilih Import/Export
  3. Pilih Export to .vcf file dan file akan tersimpan pada perangkat
  4. Kirim file .vcf yang telah dibuat ke iPhone (bisa menggunakan email)
  5. Buka file .vcf dan kontak akan langsung muncul di iPhone
Export VCF Kontak Android

(klik untuk perbesar)

Aplikasi Move to iOS

Apple sebenarnya mempunyai sebuah aplikasi bernama Move to iOS yang tersedia di Google Play Store. Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi untuk memindahkan data – data yang ada di perangkat Android kamu seperti kontak, foto, dokumen, email, hingga video. Namun ada sedikit kekurangan pada aplikasi ini, yakni fitur ini hanya bisa digunakan ketika kamu menyiapkan perangkat pertama kali saat reset atau baru dibeli.

Buat kamua yang ingin cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone dan sekaligus data lainnya bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Download aplikasi Move to iOS di Play Store
  2. Buka aplikasi Move to iOS di Android
  3. Nyalakan iPhone untuk pertama kalinya dan pilih Move Data from Android
  4. Masukkan PIN yang tertera di iPhone ke aplikasi
  5. Kedua perangkat langsung terhubung dan melakukan transfer data
Aplkasi Move to iOS

(klik untuk perbesar)

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment