Tips dan Trik Handphone

Cara Clear Cache dan Data di Handphone Samsung Untuk Menghapus yang Tidak Diperlukan

Cara Clear Cache dan Data di Samsung - Header

Gadgetren – Berbagai macam aplikasi yang terpasang di sebuah handphone umumnya termasuk buatan Samsung akan memproduksi cache dan data yang disimpan dalam penyimpanan internal.

Dengan begitu, aplikasi tersebut nantinya bisa berjalan lebih cepat dan bekerja lebih optimal khususnya jika sering digunakan.

Aplikasi soalnya tidak perlu lagi memproduksi berbagai macam berkas data yang sama atau sering dipakai secara berulang-ulang yang mana sebenarnya bisa memakan waktu.

Bagi kamu yang belum tahu, produksi data yang dilakukan oleh aplikasi tak jarang sangat dipengaruhi oleh koneksi internet maupun kemampuan handphone itu sendiri. Sebagian ada yang diunduh dari server atau dibuat ketika pada proses pengaturan awal.

Namun sayangnya, penumpukan cache dan data kadang-kadang justru bisa menyebabkan sejumlah masalah. Termasuk seperti memori menjadi penuh, kinerja perangkat melambat, hingga aplikasi atau sistem tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Membersihkan cache dan data di handphone Samsung untungnya bukan perkara sulit di masa sekarang. Jika memakai perangkat-perangkat buatan Samsung, kamu bahkan tidak perlu memasang layanan pihak ketiga dan bisa melakukannya sebagaimana langkah berikut.

Cara Clear Cache dan Data di Handphone Samsung

Memakai Device Care

  • Masuk ke halaman Settings
  • Buka menu Battery and device care
  • Ketuk tombol Optimize now

Device care merupakan sebuah dukungan yang dirancang untuk membuat perangkat-perangkat buatan Samsung bisa berjalan lancar. Fitur ini bisa secara otomatis akan mengoptimalkan pemakaian baterai, memori, penyimpanan, maupun keamanan.

Ketika menekan tombol Optimize now, Device care nanti salah satu di antaranya akan menghapus cache maupun data-data sementara yang sudah tidak diperlukan sekaligus secara otomatis. Jadi kita tidak perlu melakukannya satu per satu.

Secara Manual

  • Buka aplikasi Settings
  • Masuk ke menu Apps
  • Cari aplikasi yang ingin dihapus cache dan datanya
  • Gunakan fitur penelusuran jika kesulitan
  • Ketuk aplikasi tersebut untuk membuka App info
  • Klik bagian Storage
  • Pilih tombol Clear cache atau Clear data

Jika yang bermasalah hanya aplikasi-aplikasi tertentu saja, maka kita bisa menghapus cache dan data secara spesifik memakai langkah-langkah di atas. Dengan begitu tidak perlu khawatir akan mempengaruhi layanan-layanan yang lainnya.

Ada dua opsi yang bisa dipilih dalam hal ini. Tombol Clear cache untuk menghapus berkas-berkas sementara dari aplikasi terkait. Sementara tombol Clear data akan membersihkan seluruh data mulai dari pengaturan, akun, hingga database.

Selain memakai cara ini, kita biasanya juga bisa menghapus cache dan data langsung dari aplikasi itu sendiri. Hanya saja tidak berlaku untuk semua melainkan hanya yang mendukungnya seperti Google Chrome atau Instagram.

Tinggalkan Komentar