Aplikasi Tips dan Trik

Tips : Cara Menang Battle Gym dan Menjadi Gym Leader Pokemon GO

Pokemon GO Header 4

Gym merupakan salah satu objek paling menarik di Pokemon karena selain bisa menjadi Gym Leader, Gadgeter juga bisa mendapatkan Pokecoin secara gratis. Tentunya akan sangat menarik jika screenshot karakter Pokemon GO yang dimiliki Gadgeter yang menjadi Gym Leader ikut dibagikan ke media sosial.

Dalam battle atau pertarung Gym, Gadgeter akan dipersilakan membawa 6 Pokemon untuk melawan Pokemon jika yang berada di Gym merupakan tim yang lain. Di sini, tugas Gadgeter mengurangi Gym Level musuh menjadi 0 dengan mengurangi prestige point secara bertahap.

Misalnya saja Gadgeter bertemu dengan tim musuh yang berada di Gym Level 3 yang memiliki 3 Pokemon maka harus mengalahkannya satu per satu hingga menang. Setelah menang melawan 3 Pokemon maka Gadgeter akan berhasil membuat Gym Level menjadi 2 dan yang tersisa hanya 2 Pokemon.

Baca juga :

Selanjutnya, Gadgeter dapat kembali ke Gym dan mengalahkan 2 Pokemon tersisa dan jika menang akan membuatnya turun menjadi Gym Level 1 dengan sisa 1 Pokemon. Jika sudah menjadi Gym Level 1 maka Gadgeter dapat bertarung kembali dengan 1 Pokemon dan menurunkannya menjadi Gym Level netral. Setelah Gym Level netral maka Gadgeter bisa melakukan assign atau menyimpan Pokemon di Gym.

Namun jika tim yang sama berada di Gym dan masih ada slot kosong maka Gadgeter bisa menyimpan Pokemon di Gym. Sedangkan jika slot dari tim yang sama sudah penuh maka bisa menambahkan prestige point agar level naik dan bisa menyimpan Pokemon di Gym.

Untuk itu, saya akan memberikan tips agar Gadgeter bisa memenangkan Pokemon dalam pertarungan atau battle Gym di Pokemon GO.

Tipe atau Jenis Pokemon

Setiap Pokemon memliki tipe atau jenisnya masing-masing, mulai dari normal, listrik, api, daun, psychic, bahkan hingga naga. Dalam pertarungan type atau jenis Pokemon sangat menentukan efektivas serangan jurus.

Misalnya saja Pokemon tipe api akan memiliki serangan 2 kali lipat terhadap tipe rumput, dan sebalikanya Pokemon tipe rumput akan memiliki efek serangan 1/2 kali lipat terhadap tipe api.

Untuk mengetahui tipe – tipe Pokemon ini, Gadgeter dapat melihat tabel tipe dan efek serangan yang sudah saya sajikan sebagai berikut ini :

Tipe dan Efek Serangan Pokemon

[sumber : PokemonDB]

CP atau Combat Power

CP atau Combat Power merupakan salah satu komponen penting yang dimiliki oleh Pokemon. Semakin tingginya Combat Power Pokemon maka semakin tinggi juga kekuatan daya serang terhadap Pokemon musuh.

Selain tipe atau jenis Pokemon harus diperhatikan, Gadgeter juga bisa membawa Pokemon dengan CP yang lebih tinggi dibandingkan Pokemon musuh yang berada di Gym. Namun jika tidak ada, Gadgeter bisa membawa Pokemon dengan CP yang hampir setara dengan Pokemon musuh.

Dodge atau Menghindari Serangan

Pada saat Pokemon milik Gadgeter battle atau bertarung di Gym, ada baiknya melakukan dodge atau menghindari serangan Pokemon musuh. Cara ini dimaksudkan agar Pokemon miliki Gadgeter tidak terkena serangan atau mengurangi efek dari serangan jurus milik Pokemon musuh.

Untuk melakukan dodge atau menghindari serangan, Gadgeter bisa melakukan slide ke kiri atau kanan pada layar smartphone. Dengan hal ini, Pokemon miliki Gadgeter akan secara otomatis berpindah ke kiri atau kanan.

Supaya serangan bisa terhindari, Gadgeter dapat melihat terlebih dahulu ancang-ancang musuh saat akan melakukan serangan. Barulah itu saat yang tepat untuk melakukan dodge.

Gunakan Skill 2 atau Jurus Pamungkas

Setiap Pokemon yang berada di Pokemon GO memiliki dua skill atau jurus. Biasanya skill atau jurus yang dimiliki oleh Pokemon ini acak ketika ditemukan atau setelah berevolusi. Nah dua skill atau jurus ini dibagi menjadi skill 1 atau serangan cepat dan skill 2 atau jurus pamungkas. Biasa skill satu memiliki damage point yang lebih rendah dibandingkan skill 2.

Skill 1 akan aktif secara otomatis ketika Gadgeter menekan layar secara cepat dan terus menerus. Sementara itu, skill 2 bisa diaktifkan bila bar atau kotak yang berada di bawah bar atau kotak HP menjadi penuh.

Battle Gym Skill 2

Nantinya bar atau kotak skill 2 penuh apabila Gadgeter terus-terusan menggunakan skill 1. Selanjutnya, ketika kotak skill 2 penuh maka Gadgeter dapat menekan layar agak lama agar muncul garis yang menandakan sedang menggunakan skill 2.

Setelah garis mencapai ujung maka kita dapat melepaskan jari dari layar dan akan muncul efek yang menandakan skill 2 mulai bekerja. Namun untuk mengeluarkan skill 2 ini agak sedikit lama sehingga kita dapat menghindari serangan dulu.

Di satu sisi, semakin tinggi damage point yang dipunyai skill 2 maka terkadang jurusnya malfungsi sehingga tidak bisa digunakan beberapa saat.


Sebagai tambahan, jika Gadgeter berhasil menggusur Gym Leader tim musuh maka Gadgeter memiliki kesempatan untuk menjadi Gym Leader dan melakukan assign atau menyimpan Pokemon di Gym.

Dengan adanya Pokemon milik Gadgeter di Gym maka bisa melakukan klaim koin gratis di menu Shop. Untuk mengetahui cara melakukan klaim coin maka Gadgeter bisa mengikuti artikel tutorial klaim Pokecoin gratis di Pokemon GO.

Sekian tips dan trik dari saya untuk memenangkan battle Gym di Pokemon GO. Selamat bertanding dan semoga menjadi Gym Leader.

Leave a Comment