Smartphone Unik

Setelah Fingerprint, Kini Muncul Iris Scanner. Bagaimana Cara Kerjanya?

Iris Scanner-header

Berkembangnya teknologi smartphone membuat perangkat yang muncul juga semakin canggih. Bukan hanya dari performa atau kameranya saja, tapi dari sisi keamanan data ponsel. Beragam produk smartphone memiliki fitur kombinasi PIN, password, pattern, menggeser layar sentuh, hingga yang terbaru sensor pemindai sidik jari atau fingerprint.

Ternyata di pertengahan 2016 ini Samsung membuat inovasi baru, yakni Iris Scanner atau sensor mata. Iris Scanner pertama kali digunakan pada Galaxy Note 7 yang diluncurkan 2 Agustus lalu. Dengan teknologi ini, pengguna cukup menatap layar untuk membuka kunci smartphone. Kok bisa?

Iris Scanner-header 3

Dengan menghadapkan wajah ke layar dengan jarak ideal maka layar bagian atas otomatis membidik mata. Panel infra merah otomatis akan memindai bola mata di bagian iris. Kurang dari satu detik, smartphone akan terbuka dan dapat digunakan.

Fitur Iris Scanner pada Galaxy Note 7 merupakan teknologi pengamanan ponsel teraman saat ini. Ke depannya bukan tak mungkin smartphone lain akan punya fitur serupa. Meskipun begitu, untuk mengatur dan memasukkan data iris mata disarankan tidak menggunakan lensa kontak atau kacamata. Bagaimana menurut pendapat Gadgeter, lebih praktis atau justru merepotkan?

[Via androidauthority]

About the author

Desy Yuliastuti

Pengguna Sony Xperia C4 dan penikmat Kopi. Sekarang jadi Penulis di Gadgetren.

Leave a Comment