Berita Laptop

Lenovo Rilis ThinkPad 11e/YOGA 11e dan ThinkPad 13 Khusus untuk Pelajar

Lenovo ThinkPad (header)

Inovasi baru dihadirkan Lenovo melalui peluncuran 17 produk terbaru dalam acara Lenovo All New ThinkPad & ThinkCentre Launch 2016. Ada yang berbeda dari deretan produk-produk ThinkPad yang baru diluncurkan.

Produk ThinkPad selama ini dikenal menyasar segmen pelaku bisnis dan pekerja profesional. Namun, kini Lenovo membawa ThinkPad 11e/YOGA 11e dan ThinkPad 13 yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan kalangan pelajar dan institusi pendidikan.

“Sebelumnya, ThinkPad kebanyakan menggunakan layar 14 inci. Namun, ini kurang cocok untuk anak sekolah. Kita menerima feedback bahwa anak-anak SD tidak mungkin membawa notebook yang terlalu besar, sehingga keluarlah ThinkPad 11e,” tutur Azis Wonosari, Commercial PC Category Lead Lenovo Indonesia.

Dari sisi desain, teknologi, dan fitur yang dihadirkan ThinkPad 11e/ YOGA 11e dan ThinkPad 13 terbilang istimewa. Dua ThinkPad terbaru ini hadir dengan layar di bawah 14 inci dan dirancang mengutamakan kepraktisan, tanpa mengabaikan sektor ketangguhan, performa, dan desain.

ThinkPad 11e/ YOGA 11e

Lenovo ThinkPad 11e/YOGA 11e memiliki layar 11,6 inci dengan resolusi 1.366 x 786 pixel. Keunggulannya terletak pada desain yang dirancang serba guna, mudah digunakan, dan tahan lama karena lulus uji MIL-SPEC. Selain itu, laptop ini dilengkapi pena stylus untuk mendukung kreativitas. Pelajar ataupun pengajar tak hanya bisa menjadikannya sebagai laptop, tapi juga sebagai tablet.

Khusus untuk seri YOGA 11e, pengguna bisa menggunakan laptop dalam 4 mode standar, yakni laptop mode, stand mode, tent mode, dan tablet mode. Lenovo juga melakukan inovasi lain agar laptop tak mudah rusak saat digunakan anak-anak. Salah satunya pada keyboard  yang didesain menggunakan pengait pada ujung tuts. Sekalipun laptop terjatuh dari meja, dipastikan keyboard takkan mudah copot.

“Ada satu hal yang kita improve di ThinkPad 11e adalah desain keyboard sekarang ini jauh lebih reliable dibandingkan produk yang lain. Khusus untuk ThinkPad 11e, untuk tuts kita desain menggunakan pengait di ujung tuts. Berbeda dengan kebanyakan keyboard saat ini yang didesain hanya diletakkan di atas kemudian diikat dengan plastik tertentu,” ujar Azis.

Pada keempat sisi ThinkPad 11e/ YOGA 11e digunakan material karet untuk meminimalkan risiko pecah saat terjadi benturan. Selain itu, Lenovo menggunakan media penyimpanan Solid State Drive (SSD) yang tahan banting dan guncangan. Pembaruan ini sudah diuji coba pada anak-anak yang umumnya meletakkan dan memperlakukan laptop dengan kurang hati-hati.

ThinkPad 11e/ YOGA 11e hadir dengan tiga pilihan prosesor, yakni Intel Core i3-6100U, Celeron N3150, dan Pentium 4405U yang didukung RAM DDR3 yang dapat ditingkatkan hingga 8GB. Laptop dengan bobot 1,5 kg ini berjalan dengan sistem operasi Windows 10. Di sektor konektivitas terdapat port HDMI, dua buah port USB 3.0, card reader, dan port RJ45.

ThinkPad 11e dan ThinkPad13
ThinkPad 13

ThinkPad 13 menjadi menjadi ThinkPad pertama yang berukuran layar 13.3 inci. Laptop ringan, kompak, namun bertenaga ini bisa dibuka sampai posisi mendatar dengan keyboard ergonomisnya (Lay-flat hinges). Bodinya juga tangguh karena sudah melalui uji MIL-SPEC yang mencakup ketahanan terhadap kelembaban, temperatur ekstrim, radiasi matahari, dan sebagainya. Perangkat ini sudah dilengkapi Intel vPro untuk pengelolaan kelas enterprise, fingerprint scanner, serta chip dTPM (Trusted Platform Module diskrit) untuk memastikan keamanan yang berlapis.

Menariknya lagi, sebelumnya ThinkPad identik dengan warna hitam, tetapi  ThinkPad 13 hadir dalam balutan hitam dan perak. Beratnya yang hanya sekitar 1,4 kg, terbilang sangat ringan  dibanding laptop lain di kelasnya. ThinkPad 13 hadir dengan pilihan prosesor Celeron 3885U, Core i3-6100U, Core i5-6200U dan i5-6300U with vPro, serta Intel Core i7-6500U. Performanya didukung RAM DDR4 yang dapat ditingkatkan hingga 16GB.

ThinkPad13

Dukungan konektivitas cukup lengkap dengan adanya tiga buah port USB 3.0,  full-size HDMI, card reader, dan port USB Type-C. Sistem operasinya berjalan pada Windows 10 atau Linux didukung daya baterai yang dapat bertahan hingga 11 jam.

Lenovo berharap hadirnya dua ThinkPad di segmen edukasi dapat mendukung produktivitas bagi kalangan bisnis profesional, pengajar, dan mahasiswa. Di Indonesia ThinkPad 13 akan tersedia dengan harga mulai dari Rp 8.999.000 dan ThinkPad 11e akan tersedia dengan harga mulai dari Rp 10.599.000.

Selain dua produk tersebut, ThinkPad baru yang diluncurkan, yaitu Lenovo ThinkPad® Yoga 260, ThinkPad® Yoga 460, ThinkPad® E460, ThinkPad® X260, ThinkPad® L460, ThinkPad® T460, ThinkPad® T460p, dan ThinkPad® T460s.

Ada pula seri ThinkCentre yang merupakan komputer desktop kelas bisnis dan enterprise. Produk ThinkCentre generasi yang diluncurkan, yaitu ThinkCentre M600 Thin Client/Tiny, ThinkCentre M700 Tiny/SFF/Tower, ThinkCentre M800 SFF/Tower, ThinkCentre M900 Tiny/SFF/Tower, dan ThinkCentre M700z/M800z/M900z All-In-One PC.

Leave a Comment