Berita Smartphone

iPhone SE Resmi Diluncurkan, Smartphone 4 Inci Apple Terbaru. Apa Saja Keunggulannya?

iPhone SE

Selasa dini hari tadi tepatnya tanggal 22 Maret 2016 secara resmi Apple merilis beberapa produk terbarunya dalam ajang Apple Event March 2016. Salah satu yang menarik perhatian adalah kehadiran smartphone terbaru Apple, yakni iPhone SE.

Berbeda dengan iPhone 6s/6s Plus sebelumnya yang memiliki layar dengan lebar di atas 4 inci, kini iPhone SE hadir dengan layar hanya 4 inci. Meskipun begitu iPhone SE telah hadir dengan layar yang menggunakan teknologi Retina Display.

Untuk prosesor yang digunakan oleh iPhone SE sama dengan yang dimiliki iPhone 6s, yakni A9 64-bit Dual-core berkecepatan 1,84 GHz yang. Menariknya, prosesor yang satu ini memiliki kemampuan 2 kali lipat lebih cepat dibandingkan prosesor yang dimiliki oleh iPhone 5s.

iPhone SE power

Selain itu, prosesor A9 disematkan dengan prosesor Motion M9 yang langsung terhubung ke sensor kompas, akselerometer, dan giroskop untuk memudahkan dalam kemampuan memantau aktivitas kebugaran. Dengan adanya Motion M9 ini juga membantu pengguna iPhone SE ini dapat mengakses SIRI hanya dengan mengucapkan “Hey SIRI” tanpa perlu menyentuh iPhone SE.

Kamera utama yang digunakan oleh iPhone SE ini adalah kamera iSight beresolusi 12 MP yang dapat mengambil gambar tajam layaknya iPhone 6s. Selain itu, kameranya juga mampu untuk menghasilkan video hingga resolusi 4K.

Tak ketinggalan, fitur Live Photo turut disematkan dalam smartphone ini layaknya iPhone 6s. Dengan fitur ini membuat foto dapat bergerak beserta suara. Penggunanya cukup menyentuh dan menahan foto agar fitur ini bekerja.

iPhone SE screen

iPhone SE ini telah memiliki dukungan jaringan 4G-LTE dengan kecepatan unduh hingga 150 Mbps dan Wi-Fi dengan kecepatan unduh hingga 433 Mbps. Selain itu, dukungan Voice over LTE (VoLTE) dan Wi-Fi calling telah disematkan.

Fitur Touch ID juga disematkan dalam iPhone SE ini untuk membantu penggunanya dalam mengunci dan membuka smartphone ini dengan mudah hanya menggunakan sidik jari. Sementara itu, Touch ID memiliki fungsi lain untuk dapat mendukung fitur pembayaran Apple Pay di berbagai toko yang telah didukung Apple.

Dari segi desain, iPhone SE ini memiliki kemiripan desain dengan iPhone 5s terdahulu dibandingkan iPhone 6s. Namun performa yang dimiliki smartphone ini jauh melebihi iPhone 5s.

Bisa dibilang, Apple ingin menghadirkan smartphone dengan desain dan ukuran populernya terdahulu, namun dengan performa yang mumpuni layaknya iPhone 6s.

iPhone SE ini dibanderol US$ 399 atau sekitar 5,2 juta rupiah dengan penyimpanan internal 16GB dan US$ 499 atau sekitar 6,5 juta rupiah dengan penyimpanan internal 64GB. Akan tetapi, bagi pembaca yang ingin membelinya harus bersabar hingga smartphone ini hadir di Indonesia.

Leave a Comment