Aksesoris Berita

ZenEar – Earphone ASUS Berkualitas dengan Harga Rp 100 ribuan

ASUS ZenEar

Salah satu vendor smartphone dan perangkat komputer besar asal Taiwan, ASUS, telah merilis earphone terjangkau dengan kualitas suara yang bagus yakni ZenEar.

Menurut pihak ASUS, ZenEar ini dapat menghasil suara dengan kualitas bagus karena dilengkapi dengan teknologi yang mampu mengurangi suara (noise) yang justru terjadi di dalam earphone. Teknologi ini bernama Damping System.

Seperti diketahui, ketika earphone digunakan maka gelombang suara dialirkan melalui kabel menuju chamber (ruang) kepala perangkat hingga akhirnya dapat terdengar ke telinga.

Asus ZenEar 3

Menurut ASUS, earphone yang baik adalah yang mampu mereproduksi serta mengeluarkan suara tersebut dengan bersih, jelas, dan tidak banyak noise atau kebisingan.

Nantinya teknologi Damping System ini akan berperan dalam melakukan peredaman suara yang berkeliaran di dalam ruang spiral (chamber diaphragm) di dalam heaidset.

Untuk dapat melakukan hal itu, earphone ini menggunakan bahan peredam khusus yang menyerap suara yang terpantul guna mengurangi distorsi dan memberikan pengalaman serta detail audio yang fokus dan jernih.

Selain itu, desain tabung transmisi (transmission tube) di kepala bagian belakang ZenEar dirancang agar menyerupai bentuk organ bagian dalam telinga berkat terinspirasi dari bentuk koklea (rumah siput telinga manusia).

Desain tersebut memiliki tujuan supaya suara yang masuk dapat diserap dengan baik untuk kemudian dihantarkan dengan mulus menuju telinga pengguna. Bentuk tersebut (koklea) juga mempunyai fungsi untuk memberikan kualitas audio bass yang baik.

ASUS ZenEar 2

Dari keseluruhan desain, ZenEar ini dibalut dengan warna gelap yang terdiri dari hitam dan abu-abu. Bodinya diberikan warna hitam, sedangkan bagian penutup tabung, dihias dengan warna abu-abu metalik. Selain itu, tersemat tulisan logo ASUS pada bagian tubuh ZenEar.

Earphone ini juga mendukung fitur mikrofon yang bisa digunakan untuk menjawab panggilan telepon. Untuk keberadaan dari mikrofon ini relatif sejajar dengan mulut pengguna agar mempermudah pengguna dalam menjawab panggilan masuk telepon secara cepat dan nyaman.

Pada bagian mikrofon ZenEar terdapat tombol untuk mengatur panggilan. Selain itu, dapat juga dipergunakan untuk mengganti lagu ketika sedang memutar musik. Untuk memilih lagu selanjutnya, pengguna earphone dapat menekan tombol dua kali secara cepat. Sedangkan apabila tombol ditekan satu kali maka akan menghentikan atau menyalakan musik.

ASUS sendiri membandrol ASUS ZenEar dengan harga sebesar Rp 139.000 di Indonesia. Bagi pembaca yang tertarik dengan earphone yang satu ini, maka dapat membelinya di toko yang bekerja sama dengan ASUS atau toko online resmi ASUS Store.

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment