Berita

Lagi – Lagi Android Dapat Kebobolan Malware Ganas Dalam 15 Detik Saja

Android-Marshmallow

Sistem operasi Android kembali mendapatkan celah keamanan yang terbilang cukup berbahaya jika dibiarkan begitu saja.

Masih ingat dengan sebuah malware Android bernama Stagefright? Jika tidak, Stagefright merupakan malware yang dapat menghapus seluruh data Android hanya melalui sebuah pesan berisikan video. Pihak Google bahkan langsung secara sigap memberikan perbaikan pada celah keamanan tersebut.

Kini ternyata ada sebuah malware yang lebih parah lagi bernama Metaphor yang merupakan varian dari Stagefright. Sedikit berbeda dengan Stagefright, video yang telah disematkan Metaphor tidak perlu dimainkan oleh pengguna. Cukup dengan hanya diterima saja maka perangkat bisa langsung terjangkit.

Jika sudah terbobol maka pelaku dalam 15 detik dapat mengambil alih perangkat untuk mengakses data atau menghapus seluruh isinya. Tidak berhenti di situ, Metaphor bahkan bisa mengakses microphone, kamera, dan mengaktifkan GPS untuk mengetahui keberadaan pengguna.

Untungnya malware ini ditemukan oleh para tim peneliti bukan oleh para hacker. Para peneliti mengatakan bahwa Metaphor mampu menembus keamanan Android v2.2 hingga v4.0 dan Android v5.0 hingga v5.1.

[via : AndroidAuthorithy]

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment