Berita

Virus Terbaru di Android Bisa Menghapus Seluruh Data Hanya Dengan SMS

Cara-Root-Android-Header

Sistem operasi Android sering sekali ditemukan celah keamanaan yang dapat dibobol dan akhirnya mengancam data pengguna dari perangkat mereka.

Salah satu yang sempat membuat gempar pada akhir tahun 2015 lalu adalah sebuah eksploitasi bernama Stagefright yang mampu mengendalikan perangkat hanya melalui pesan video tanpa sepengetahuan pemilik. Google langsung menambal lubang keamanan ini dan menganjurkan seluruh vendor untuk mengirimkan pembaharuan ke perangkat pengguna.

Kini terdapat sebuah malware baru bernama Mazar bisa menjangkit perangkat Android hanya dengan menggunakan sebuah pesan singkat. Malware ini dapat mencuri data, mengirim pesan, melakukan panggilan, hingga menghapus seluruh data pada perangkat.

Firma keamanan berasal dari Denmark, Heimdal, menemukan Mazar pada sebuah pesan singkat berisikan tautan multimedia yang terlihat aman. Ketika membuka tautan tersebut perangkat akan langsung melakukan download Tor yang diikuti oleh malware tersebut. Lebih dari 100.000 perangkat Android di Denmark dikatakan telah terkena masalah ini.

Mazar hanya bisa penjangkit perangkat yang telah mengizinkan aplikasi tak dikenal untuk dapat terpasang. Sebagai jaga – jaga pengaturan ini dapat dicek apakah aktif atau tidak pada setelan > keamanan > sumber tak dikenal.

Cara yang paling ampuh untuk menghindarinya tentu adalah dengan tidak sembarangan mengunjungi tautan tertutama dari kontak yang tidak diketahui. Selain itu juga selalu menggunakan Google Play Store untuk download segala jenis aplikasi karena sudah terjamin keamanannya.

[via : Ubergizmo]

 

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment