Berita Smartphone

Panasonic Toughpad FZ-F1 dan Toughpad FZ-N1, Smartphone Tangguh untuk Petualang

Panasonic Toughpad FZ-F1

Smartphone sudah menjadi kebutuhan utama saat ini, termasuk bagi pembaca yang sering beraktivitas di luar ruangan, gemar melakukan kegiatan outdoor atau berpetualang di alam bebas. Memilih gadget yang cocok tentu menjadi penting, terutama yang tangguh di segala medan.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Panasonic meluncurkan smartphone tangguh. Toughpad FZ-F1 dan Toughpad FZ-N1. Bodi smartphone ini diklaim tahan banting, tahan air dan debu, dan tahan rusak meskipun jatuh dari ketinggian 1,8 meter. Proteksi ponsel ini dijamin oleh sertifikat IP 65 dan IP 67.

Smartphone besutan vendor asal Jepang ini memiliki ukuran layar 4,7 inci beresolusi HD atau setara 1280 x 720 piksel, dilengkapi fitur sunlight-viewable, glove touch mode, dan dapat dioperasikan menggunakan stylus. Di sektor kamera, keduanya dibekali kamera utama 8 MP dengan LED Flash dan kamera depan 5 MP.

PAnasonic Toughpad FZ-F1 Toughpad FZ-N1

Dapur pacunya menggunakan prosesor Snapdragon 801 Quad-core berkecepatan 2,3 GHz dan GPU Adreno 330 untuk grafisnya. Keduanya juga dibekali RAM 2 GB dan kapasitas penyimpanan internal 16 GB yang dapat ditambahkan penyimpanan eksternal MicroSD hingga 64 GB.

Selain itu, dilengkapi konetivitas Wifi, fitur NFC, GPS, dual sim, dan mendukung  4G-LTE. Baterainya sendiri berkapasitas 3200 mAh dengan fitur quick charging. Panasonic juga menawarkan pilihan baterai terpisah yang berkapasitas 6200 mAh untuk daya tahan lebih lama.

Perbedaan keduanya terletak pada sistem operasinya. Toughpad FZ-F1 berjalan dengan Windows 10 IoT Mobile Enterprise, sedangkan Toughpad FZ-N1 menggunakan Android V5.1.1 Lollipop.

Dua smartphone tangguh yang dikenalkan pada pada ajang MWC 2016 ini dibanderol dengan harga lumayan menguras kantong. Toughpad FZ-N1 dijual seharga US$ 1.499 atau sekitar 20 juta rupiah, sedangkan seri Toughpad FZ-F1 seharga US$ 1.599 atau sekitar 20 juta rupiah dengan garansi resmi selama 3 tahun.

[Sumber Panasonic 1,2]

Leave a Comment