Umum

Netflix VS TV Kabel, Manakah Yang Lebih Baik Dan Murah ?

Netflix vs tv kabel

Bagaimana Netflix jika dibandingkan dengan TV kabel seperti Indovision, Transvision, atau Indihome UseeTV? Apakah TV kabel masih bisa bertahan dengan masuknya Netflix?

Netflix yang secara resmi telah hadir di Indonesia pada awal tahun 2016 ini menarik banyak perhatian terutama para penggemar film. Harga yang ditawarkan terbilang murah dengan jumlah konten yang sangat banyak.

Banyak pelanggan di negara yang telah lebih dulu disinggahi oleh Netflix berpindah dari TV kabel dikarenakan menjadi pilihan yang lebih baik. Bagaimana dengan Indonesia? Apakah TV kabel akan mengalami penurunan?

Nah oleh karena itu, Gadgetren memberikan perbandingan mengenai kelebihan dan kekurangan dari layanan Netflix dan TV kabel yang ada di Indonesia.

Netflix

Netflix merupakan layanan streaming video berbayar yang menawarkan berbagai jenis konten, mulai dari acara TV, kartun, hingga film box office terbaru. Netflix berbeda dengan TV kabel yang menawarkan sejumlah saluran, melainkan lebih menyerupai sebuah peminjaman film.

Dengan cukup membayar seharga paket yang dipilih, pelanggan dapat menikmati seluruh konten tersebut tanpa batas dan kapan saja dengan berbagai jenis kualitas video di segala jenis perangkat seperti smartphone, komputer hingga TV pintar.

Berikut harga paket yang ditawarkan oleh Netflix.

  • Basic Rp 109.000
  • Standar Rp 139.000 HD hingga 2 perangkat
  • Premium Rp 169.000 UHD hingga 4 perangkat

Untuk informasi lebih lengkap termasuk kecepatan minimal dan kuota data yang dihabiskan Netflix, pembaca dapat mengunjungi halaman ini.

Kelebihan dari Netflix tentu sangat beragamnya konten yang ditawarkan dengan harga yang sangat murah. Berbeda dengan tv kabel, pelanggan bisa menonton film atau acara kapan saja tanpa terikat jam tayang dan tentunya memiliki iklan yang jauh lebih sedikit.

Kekurangan dari Netflix adalah dibutuhkannya jaringan internet. Tentu saja dengan menggunakan jaringan internet, maka kuota data akan cepat terkuras habis bagi yang masih menggunakan volume based.

Indovision

Indovision merupakan pemain lama dalam wilayah TV kabel dan mempunyai kualitas terbaik yang tidak perlu diragukan lagi saat ini. Indovision menawarkan saluran luar dan dalam negeri dengan konten yang ditentukan oleh saluran tersebut.

Indovision memiliki sebuah program yang dinamakan Indovision Anywhere yang berarti pelanggan dapat bisa menyaksikan Indovision dari mana saja melalui jaringan internet.

Berikut harga paket yang ditawarkan oleh Indovision.

  • Mars Rp 169.000, 61 saluran ditujukan untuk pria
  • Venus Rp 169.900, 72 saluran ditujukan untuk wanita
  • Galaxy Rp 199.900, 89 saluran Entertainment
  • Super Galaxy Rp 269.900, 102 saluran dasar lengkap

Kelebihan dari Indovision adalah kualitasnya yang sudah terjamin dan merupakan pemain lama, sehingga menjadi acuan TV kabel di Indonesia

Kekurangan dari Indovision adalah harganya yang terbilang sangat mahal. Paket Super Galaxy hanya mencakup seluruh saluran dasar dari Indovision dan pelanggan harus membayar hingga lebih dari Rp 600.00 untuk bisa menikmati seluruh saluran yang disediakan.

Transvision

Transvision merupakan layanan TV kabel yang dimiliki oleh Trans Media Group yang sebelumnya merupakan Telkomvision. Transvision saat ini menjadi salah satu TV kaber yang dilirik sebagai pilihan alternatif dari Indovision.

Berikut harga paket yang ditawarkan oleh Transvision.

  • Diamond Rp 399.000, 111 Saluran
  • Platinum Rp 299.000, 94 Saluran
  • Gold Rp 199.000 73 Saluran

Kelebihan dari Transvision adalah harganya yang tergolong murah dibandingkan Indovision. Paket Diamond telah termasuk saluran premium seperti HBO dan Fox Premium berbeda dengan Indovision.

Kekurangan dari Transvision adalah kualitas dan jangakuannya masih kurang jika dibandingkan dengan Indovision.

Indihome / UseeTV

Indihome merupakan paket bundling internet dan TV kabel dari Telkom. UseeTV memiliki konten yang tidak berbeda jauh dengan Transvision semenjak sebagian sahamnya telah dibeli.

Berbeda dengan TV kabel lain yang menggunakan parabola, Indihome atau UseeTV tetap menggunakan kabel tembaga atau fiber optic seperti layanan internet biasanya. Oleh karena itu UseeTV memiliki fitur pause dan rewind untuk seluruh saluran hingga satu minggu kebelakang.

Untuk harga paketnya sangat bervariasi, mulai dari Rp 269.500 untuk kecepatan internet 2mbps hingga Rp 1.804.000 untuk kecepatan 100Mbps. Seluruh paket tersebut menawarkan semua saluran yang ada tanpa biaya tambahan.

Kelebihan dari Indihome adalah paket bundling yang ditawarkan sudah termasuk dengan layanan internet. Ditambah lagi UseeTV dapat memutar ulang acara TV yang ketinggalan, sehingga tidak lagi terpaku dengan jam tayang untuk menonton.

Kekurangan dari Indihome adalah kualitas penayangan yang terbilang masih kurang bagus, terutama yang masih menggunakan kabel tembaga.

Setelah mengetahui hal tersebut, manakah yang lebih baik menurut pembaca? Apakah kehadiran Netflix dapat mengancam TV kabel? Atau mungkin sudah ada yang berpaling menggunakan Netflix.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Fauzi Rasyad

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut yang suka memantau perkembangan teknologi

Writer di Gadgetren