Berita

Teknologi WiFi Rendah Daya Baru “HaLow” Lebih Tangguh Daripada Bluetooth LE

Gambar Logo WiFi

WiFi merupakan salah satu komponen yang kerap menghabiskan daya baterai pada perangkat pintar. Terutama pada Internet of Things (IoT) yang saat ini tengah tren memerlukan komponen berdaya rendah.

Untuk memenuhi hal tersebut, WiFi Alliance telah mengumumkan HaLow yang merupakan perpanjangan dari 802.11ah WiFi yang saat ini merupakan standar digunakan pada banyak perangkat. WiFi HaLow juga diperkirakan menjadi saingan dari Bluetooh LE akibat rendahnya daya yang digunakan dan jangkauan jaraknya.

WiFi HaLow akan menggunakan frekuensi 900MHz, sehingga mengakibatkan penggunaan daya untuk mengirimkan data bisa lebih rendah. WiFi Alliance juga mengatakan bahwa HaLow mampu menempuh jarak yang lebih jauh yakni hingga mencapai 1 kilometer.

Selain itu akibat frekuensi yang digunakan tersebut, WiFi HaLow mampu menembus dinding beton maupun penghalang lainnya yang cukup mengurangi jangkauan perangkat pada WiFi standar saat ini.

Timbal balik dari daya rendah dan jarak yang jauh tersebut adalah kecepatan yang didapat akan bervariasi mulai 150 Kbps hingga 18 Mbps tergantung kompabilitas perangkat.

WiFi HaLow memang didesain secara utama untuk memenuhi kebutuhan perangkat yang menggunakan baterai seperti smartphone, smartwatch dan pelacak kebugaran.

Tentu saja poin akses yang telah mendukung HaLow 900 dipastikan juga akan mendukung 2.4 GHz dan 5 GHz, sehingga membuat segala jenis perangkat semakin mudah untuk terhubung.

WiFi Alliance mengatakan perangkat yang telah memiliki sertifikasi HaLow baru akan hadir pada tahun 2018 mendatang.

[via: AndroidAuthority]


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Fauzi Rasyad

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut yang suka memantau perkembangan teknologi

Writer di Gadgetren