ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Selamat Tinggal Adobe Flash, Halo Adobe Animate

Adobe Flash menjadi Adobe Animate

Judul di atas memang benar apa adanya karena 3 hari lalu secara resmi Adobe memberikan ucapan selamat tinggal kepada Adobe Flash. Dalam pengumumannya di situs resmi Adobe, sekarang perusahaan ini lebih menekankan para pengembang animasi maupun Flash untuk menggunakan standar seperti HTML 5 dibandingkan Flash.

Pertimbangan ini diambil karena beberapa kendala Flash yang boros daya ketika ditampilkan di halaman website dan mengambil sumber daya yang cukup besar sehingga menyebabkan terkadang website melambat. Selain itu, celah keamanan pada Adobe Flash sering dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengacak-acak website.

Meskipun begitu, saya sebagai pengembang Flash merasa sebenarnya software ini bertenaga ketika membuat animasi, presentasi, game, dan aplikasi (.exe) interaktif yang berjalan sendiri pada komputer.

Namun, takdir berkata lain karena sekarang teknologi website semakin berkembang dan HTML5 merupakan standar untuk animasi website yang lebih ringan dan bertenaga.

Selain itu, Adobe juga mengumumkan software barunya yang akan menggantikan Adobe Flash Professional CC, yakni Adobe Animate CC. Software baru ini akan mendapatkan dukungan penuh dari Adobe dalam fitur dan update terbarunya kelak.

Menariknya, dengan Adobe Animate CC ini pengembang akan dapat menikmati beberapa jenis ekspor menjadi Flash, HTML5, WebGL, dan 4K Video yang dapat menghasilkan animasi yang sama – sama halus.

Untuk melihat perkenalan dari Adobe Animate CC ini pembaca dapat langsung melihat video yang saya sajikan sebagai berikut.

Meskipun begitu, Adobe masih memberikan dukungan terhadap Adobe Flash yang lama apabila pengembangnya masih nyaman terhadap software tersebut. Namun Adobe sebenarnya sedang mengajak orang-orang untuk membuat konten berbasis HTML 5 karena sudah mulai banyak digunakan di web dan telah mengambil tempat Flash di web.

[via situs resmi Adobe]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar