Berita Tips dan Trik

Cara Mudah Menyembunyikan File “Rahasia” Kamu Di Android

Gambar Header Cara Mudah Menyembunyikan File Di Android

Kamu ingin meminjamkan smartphone ke teman tapi takut data “rahasia” seperti foto atau video kamu ketahuan? Tenang saja, ada sebuah trik sangat mudah yang bisa kamu lakukan tanpa perlu bersusah payah.

Pada sesi tips dan trik kali ini, Gadgetren ingin berbagi cara bagaimana menyembunyikan file atau folder di smartphone kamu dengan sangat mudah. Berikut hal – hal yang mungkin dibutuhkan untuk bisa melakukan cara ini.

  • File Manager (saya menggunakan File Explorer FX)
  • Jari tangan yang tidak malas
  • Smartphone Android
  • Kue ke redaksi Gadgetren 😀

Langkah pertama tentu adalah menyalakan dan membuka smartphone, benar kan? Lalu jalankan aplikasi File Manager yang bisa mengubah nama, baik itu bawaan dari smartphone atau yang didapat dari Play Store.

Selanjutnya cari folder atau file yang ingin kamu sembunyikan dan ganti namanya dengan cukup menambahkan sebuah titik “.” di depan nama (contoh: .Sembunyi). Tada! Folder atau file kamu telah hilang dan tidak bisa terlihat dari aplikasi seperti Gallery atau lainnya.

Gambar Cara Mudah Menyembunyikan File Di Android Rename

(klik untuk perbesar)

Lalu bagaimana jika ingin menampilkannya kembali? Kamu cukup mengaktifkan fitur “Show Hidden Files” pada aplikasi file manager. Kamu juga bisa melihatnya dengan menghubungkan ke komputer dikarenakan cara ini hanya menyembunyikan di perangkat itu sendiri.

Gambar Cara Mudah Menyembunyikan File Di Android Show

(klik untuk perbesar)

Cukup mudah bukan? Dengan cara ini kamu dapat dengan tenang meminjamkan smartphone ke teman – teman tanpa takut file “rahasia” kamu terlihat.

Tentu jika dipinjamkan ke teman yang ahli teknologi, cara ini bisa saja mudah untuk diketahui. Namun jika teman kamu hanya meminjam sebentar atau sekedar melihat – lihat, cara ini sudah terbilang cukup ampuh.

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment