Aplikasi

Cara Untuk Menampilkan Kecepatan Internet Pada Android

Gambar Internet Speed Meter

Seberapa yakin kamu dengan kecepatan yang diberikan oleh penyedia jasa seluler? Apakah memang sudah janji dan iklan? Nah pada tips dan trik kali ini Gadgetren akan memberikan cara agar dapat menampilkan kecepatan internet secara langsung saat sedang menggunakan layanan internet.

Beberapa tampilan antar muka buatan vendor smartphone seperti MIUI dari Xiaomi telah memberikan opsi untuk fitur ini secara langsung dan hanya butuh diaktifkan saja. Namun, kebanyakan vendor tidak menyediakannya fitur ini sama sekali, sehingga pengguna harus menambahkan sendiri.

Bagi pengguna yang tetap ingin menampilkan berapa kecepatan download dan upload pada statusbar maupun di notifikasi dapat menggunakan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengetahui dan menyimpan seberapa banyak penggunaan kuota per hari selama satu bulan.

Caranya pembaca cukup memasang aplikasi Internet Speed Meter atau Internet Speed Meter Lite yang telah tersedia di PlayStore. Setelah terpasang maka aplikasi akan langsung menampilkan informasi mengenai kecepatan jaringan internet hingga besaran kuota yang terpakai pada jaringan WiFi atau GSM.

Sebagai tambahan, pembaca juga dapat menghemat kuota interne dengan menggunakan aplikasi OperaMax yang dapat memangkas penggunaan kuota hingga 50%. Versi terbaru OperaMax bahkan dapat memangkas penggunaan kuota saat menonton video di Youtube.

Versi yang berbayar tentu akan mempunyai beberapa fitur tambahan seperti widget dan beberapa kustomisasi, tetapi versi Lite terbilang sudah cukup memenuhi kebutuhan tersebut.

 

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment