Berita Smartphone

Mau Coba Android 6.0 Untuk Nexus ? Begini cara flashnya

Android 6.0 Marshmallow flashing

Bagi para pengguna perangkat Nexus yang ingin selalu mendapatkan yang terbaru dari segala hal mulai dari peningkatan peforma hingga fitur terbaru tentu ingin secepatnya menggunakan Android 6.0 Marshmallow.

Untuk saat ini pembaharuan yang telah tersedia adalah melalui factory image, sehingga harus mengikuti beberapa langkah teknis. Oleh karena itu Gadgetren akan membantu pembaca yang ingin melakukan flash ulang pada perangkat Nexus. Tentunya juga pembaca dapat menunggu versi Over-The-Air (OTA) dari Google jika tidak ingin repot.

Cara ini juga dapat dilakukan untuk seluruh perangkat Nexus yang ingin mengganti versi sistem operasi Android lain. Berikut daftar Nexus yang telah mendapatkan Android 6.0 Marsmallow beserta dengan tautan untuk mengunduh factory image.

Perlu diingat bahwa melakukan proses flashing akan menghapus seluruh data pada perangkat, sehingga ada baiknya melakukan backup terlebih dahulu. Jika telah yakin maka berikut langkah – langkah untuk melakukan flashing terhadap Nexus.

  1. Download dan ekstrak factory image perangkat Nexus yang diinginkan, jangan sampai salah model. Untuk lebih pastinya pembaca bisa langsung mengujungi situs Nexus.
  2. Download dan install AndroidSDK pada komputer.
  3. Hubungkan perangkat ke komputer dengan menggunakan kabel USB
  4. Masuk ke dalam folder platform-tools/ pada direktori AndroidSDK
  5. Jalankan CMD dengan cara tekan SHIFT + Klik kanan dan pilih “Open Command Window Here”
  6. Masukkan perangkat ke dalam modus fastboot dengan memasukkan perintah adb reboot bootloader
  7. Pastikan bootloader telah terbuka dengan memasukkan perintah fastboot oem unlock
  8. Pindahkan factory image yang telah diekstrak ke folder platform-tools/
  9. Lalu masukkan perintah flash-all atau dengan menjalankan flash-all.sh dan tunggu hingga proses selesai.
  10. Jangan lupa kunci lagi perangkat dengan perintah fastboot oem lock

Jika semua sukses maka selamat perangkat telah menjalankan sistem operasi terbaru dari Google yakni Android 6.0 Marshmallow

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment