Berita Smartphone

Mi 4c – Kembaran Mi 4i Dengan Prosesor 64-bit Snapdragon 808 Hexacore

Mi 4c Feature

Kemarin secara resmi Xiaomi merilis smartphone keluarga Mi terbarunya yakni Mi 4c di Tiongkok. Bisa dibilang smartphone ini merupakan saudara dekat dari smartphone yang beberapa waktu lalu hadir di Indonesia, Mi 4i.

Untuk urusan desain fisik, Mi 4c ini sangat mirip dengan Mi 4i layaknya saudara kembar yang terlihat dari bentuk casing hingga warna-warna yang ditawarkan.

Namun kalau kita melihat dari spesifikasi hardware yang ditawarkan Mi 4c ini barulah terlihat perbedaannya dengan Mi 4i. Untuk dapur pacunya, smartphone ini dilengkapi dengan prosesor 64-bit Hexa-core Snapdragon 808 dan GPU Adreno 418. Prosesor ini mirip yang digunakan oleh smartphone LG G4.

Mi 4c all

Dalam mengimbangi kemampuan prosesornya, Xiaomi menyematkan RAM dengan pilihan 2 GB atau 3 GB pada Mi 4c ini. Sementara itu, penyimpanan internal yang ditawarkan juga bervariasi pada 16 GB atau 32 GB.

Untuk layarnya, Xiaomi Mi 4c ini dilengkapi dengan layar sentuh Sharp/AUO/LG 5 inci beresolusi 1920 x 1080 pixel yang memiliki kerapatan 441 ppi (pixel per inch).

Teknologi yang disematkan pada layar Mi 4c juga bermacam-macam mulai IPS LCD hingga Sunlight Display. Dengan teknologi IPS LCD memungkinkan penggunanya masih dapat melihat gambar dengan jelas pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Sedangkan teknologi Sunlight Display memungkinkan gambar pada layar masih dapat terlihat dengan jelas meski berada di bawah sinar matahari sekalipun. Secara otomatis layar akan menyesuaikan warna dan kecerahan agar dapat terlihat mata penggunanya.

Dari sisi kamera, Xiaomi menyematkan kamera belakang 13 MP Sony (IMX258) atau Samsung (S5K3M2) dan kamera depan menggunakan 5 MP yang memiliki sudut luas sehingga dapat mengambil foto selfie pada area luas. Selain itu, dilengkapi juga dengan IR Blaster.

Fitur Tap

Tak ketinggalan, konektivitas USB Type-C sudah mulai disematkan pada smartphone ini dengan fitur Quick Charge 2.0 yang dapat digunakan untuk melakukan pengisian ulang baterai secara cepat. Untuk baterainya sendiri menggunakan kapasitas sebesar 3080 mAh.

Smartphone ini telah mendukung penggunaan dua kartu mikro SIM sekaligus dimana keduanya juga mendukung teknologi jaringan 4G-LTE yang memiliki kecepatan data internet yang sangat cepat.

Sistem operasi yang diusung ketika penjualan nanti pada Mi 4c ini adalah MIUI 6 Android Lollipop. Namun akan langsung diperbarui menjadi MIUI 7 Android Lollipop 5.1.1 setelah siap.

Selain itu, smartphone ini dilengkapi dengan fitur “Double Tap” yang memungkinkan penggunanya dapat mengaktifkan smartphone dari keadaan layar istirahat hanya dengan mengetuk dua kali layar dengan jari. Fitur ini dapat menghemat akses tombol fisik Power.

Harga yang ditawarkan oleh Xiaomi ketika penjualan Mi 4c di Tiongkok adalah sebesar RMB 1299 atau sekitar 2,9 juta Rupiah bagi Mi 4c dengan RAM 2 GB serta penyimpanan internal 16 GB dan RMB 1499 atau sekitar 3,4 juta Rupah dengan RAM 3 GB serta penyimpanan internal 32 GB.

Nah bagi pembaca yang tertarik dengan smartphone yang satu ini. Nampaknya harus bersabar karena Xiaomi belum memberikan pengumuman secara resmi mengenai kehadiran Mi 4c di Indonesia.

Leave a Comment