Berita

Kapasitas SSD Terbaru Besutan Samsung Pecahkan Rekor

Samsung-SSD-16TB-PM1633a

Perusahaan elektronik raksasa asal negeri ginseng, Samsung, tidak hanya bergelut dalam dunia smartphone saja. Kali ini Samsung membuat gebrakan dalam dunia penyimpanan data.

Dilaporkan oleh ArsTechnica, Samsung memperkenalkan hard drive dengan kapasitas penyimpanan paling besar pada acara Flash Memory Summit di California. SSD berukuran 2.5 inci ini mempunyai kapasitas penyimpanan sebesar 16 terabyte.

Menariknya flash drive dengan kecepatan tinggi biasanya tidak mempunyai kapasitas penyimpanan yang terlalu besar. Sebelumnya, penyimpanan terbesar dikeluarkan oleh Seagate dan Western Digital dengan kapasitas 8 dan 10 terabyte dengan jenis disk magnetik berputar.

Rahasianya yang digunakan Samsung terletak pada teknologi 256 gigabit V-NAND yang dapat ditumpuk dan diletakkan secara vertikal. Samsung juga memamerkan sebuah server yang memiiki 48 buah SSD tersebut yang memiliki kecepatan hingga 2 juta proses per detik, sedangkan SSD yang biasa digunakan konsumen biasa hanya maksimal 90.000 proses per detiknya.

Teknologi NAND yang semakin berkembang perlahan dapat dipastikan akan mengalahkan HDD yang biasa digunakan saat ini walupun tidak dalam waktu dekat. SSD berkapasitas 16TB bernama PM1633a ini ditargetkan untuk pasar kelas perusahaan dan belum mendapatkan harga oleh Samsung, namun yang pasti akan sangat mahal.

[via : ArsTechnica]

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment