Smartphone

Lumia 630 – Smartphone Lumia Pertama yang Dijual dengan Windows Phone 8.1 di Indonesia

lumia 630

Tahun ini secara resmi pihak Microsoft dengan Nokia memperkenalkan smartphone keluarga Lumia terbarunya. Menariknya, salah satu smartphone keluarga Lumia terbaru yang telah menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.1, Lumia 630, sudah dijual di Indonesia. Bisa dibilang ini merupakan smartphone pertama yang dijual dengan menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.1.

Lumia 630 ini telah dilengkapi prosesor Qualcomm Snapdragon 400 Quad-core berkecepatan 1.2 GHz, RAM sebesar 512 MB, dan kapasitas penyimpanan internal 8 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 128 GB.

Untuk mengetahui spesifikasi hardware lengkap dari Lumia 630 ini pembaca dapat melihat informasi yang saya sajikan sebagai berikut.

  • 4.5″ 480 x 854 pixel layar sentuh kapasitif LCD IPS yang dilapisi Corning Gorilla Glass 3
  • Qualcomm Snapdragon 400 Quad-core 1.2 GHz
  • RAM 512 MB
  • Kapasitas penympanan Internal 8 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 128 GB
  • Konektivitas Wi-Fi, Bluetooth 4.0, dan microUSB 2.0
  • Sistem Operasi Windows Phone 8.1

Terlihat dibandingkan smartphone generasi sebelumnya, Lumia 620, terdapat beberapa spesifikasi yang meningkat dan menurun. Ini terlihat dari lebar layar yang meningkat menjadi 4.5 inci dan teknologi layar yang berganti menggunakan LCD IPS. Dengan adanya teknologi IPS ini memungkinkan penggunanya dapat melihat gambar dengan jelas hingga kemiringan sudut 178 derajat.

Selain itu, layar dari smartphone ini telah dilapisi oleh teknologi dari Corning Gorilla Glass 3 sehingga penggunanya tidak perlu terlalu khawatir akan goresan dari secara tidak sengaja. Lumia 630 ini pun mendukung penggunaan dua kartu SIM secara bersamaan sehingga penggunanya tidak perlu repot membawa dua ponsel. Sayangnya smartphone ini tidak mempunyai fitur NFC.

Untuk prosesornya mengalami peningkatan menggunakan teknologi empat inti yang dapat membuat aplikasi maupun sistem operasi berjalan lancar. Selain itu, penambahan kapasitas pada microSD dapat ditambahkan hingga 128 GB. Sistem operasi yang telah digunakan oleh smartphone ini telah menggunakan sistem operasi terbaru, Windows Phone 8.1, yang memiliki beragam fitur terbaru dan menarik dibandingkan Windows Phone sebelumnya.

Lumia 630 ini telah tersedia di toko resmi dan rekanan Nokia seluruh Indonesia. Dalam penjualannya, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 1.999.000 dan memiliki beberapa pilihan warna yang terdiri dari oranye terang, hijau terang, kuning terang, putih, atau hitam.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren