ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengunci Aplikasi HP OPPO Jadi Tidak Dibuka Sembarangan

Cara Mengunci Aplikasi HP OPPO Header

Gadgetren – ColorOS yang hadir pada ponsel OPPO terbaru telah menghadirkan beragam fitur menarik yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari.

Untuk menjaga privasi dari kamu, OPPO telah menghadirkan fitur bernama App Lock yang dapat dimanfaatkan untuk mengunci aplikasi agar tidak dapat dibuka serta digunakan oleh sembarang orang.

Nantinya kamu dapat mengunci aplikasi apa saja yang sudah terpasang di ponsel OPPO sehingga membutuhkan izin akses terlebih dulu ketika ingin membuka aplikasi tersebut.

Cara Mengunci Aplikasi HP OPPO

  1. Akses aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Security & Privacy.
  3. Pilih opsi App Lock pada bagian Special features.
  4. Tekan tombol toggle pada opsi App Lock ke posisi aktif
  5. Selanjutnya tekan tombol Settings pada menu pop-up set a privacy password first yang muncul.
  6. Buat kode akses menggunakan Password, Pattern, atau PIN sebagai kunci.
  7. Kemudian masukkan jawaban dari pertanyaan dan email untuk pemulihan ketika lupa kode akses.
  8. Selanjutnya, kamu akan kembali ke halaman Security & Privacy.
  9. Pilih menu App Lock.
  10. Masukkan kode akses yang telah dibuat tadi pada halaman Verify Privacy Password.
  11. Kembali tekan tombol toggle App Lock ke posisi aktif.
  12. Tekan tombol pada aplikasi yang ingin dikunci ke posisi menyala.

Setelah fitur App Lock aktif, maka setiap kamu membuka aplikasi yang terkunci harus menggunakan kode akses yang telah dibuat tadi dengan menggunakan Password, Pattern, atau PIN.

Sementara apabila fitur biometrik kamu sudah diaktifkan, maka kamu juga dapat membuka kunci aplikasi secara cepat menggunakan pemindaian sidik jari melalui sensor fingerprint yang sudah dihadirkan di ponsel OPPO.

Dengan hadirnya fiturnya App Lock, tentunya kamu juga dapat membuat foto maupun video tidak dapat diakses sama sekali melalui aplikasi Photos (Gallery bawaan ponsel OPPO) yang telah dikunci karena turut harus meminta izin kode akses dari kamu terlebih dulu.

Selain itu, kamu juga dapat menonaktifkan sementara fitur penguncian aplikasi dengan menekan tombol App Lock pada Quick Settings di bagian atas dan memasukkan kode aksesnya agar semua aplikasi dapat dibuka seperti biasa sampai kamu mengaktifkannya lagi.

Tidak hanya fitur untuk menjaga privasi saja, ColorOS juga menghadirkan fitur yang memungkinkan kamu dapat memasukkan dua akun media sosial sekaligus pada satu perangkat OPPO saja.

Kamu hanya perlu menggandakan aplikasi yang sudah muncul pada halaman App cloner di aplikasi Settings. Setelah proses penggandaan selesai, maka kamu akan melihat dua aplikasi yang sama untuk digunakan.

OPPO memang fokus terhadap kenyamanan dan keamanan pada ponsel buatannya agar aktivitas sehari-harinya dapat dikerjakan secara lancar. Fitur-fitur tersebut juga tentunya membuat kamu tidak perlu mengunduh aplikasi dari pihak ketiga lagi.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar