ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP vivo dengan Sangat Mudah

Gadgetren – Untuk menjaga privasi penggunanya, vivo telah menghadirkan fitur App Hiding yang berfungsi untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel buatannya.

Terkadang ada teman atau anggota keluarga yang secara diam-diam membuka aplikasi penting di ponsel kamu yang padahal dalam terdapat data-data privasi yang tidak boleh dilihat oleh sembarang orang.

Nantinya fitur App Hiding akan membuat aplikasi yang disembunyikan tidak akan muncul di halaman Home Screen, App Drawer, maupun halaman Apps pada aplikasi Settings sehingga tidak akan bisa dilihat dan dibuka tanpa menggunakan akses khusus.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP vivo

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Privacy.
  3. Gulir dan pilih opsi App hiding.
  4. Kamu akan diminta memasukkan kode keamanan (Password, PIN, atau Pattern).
  5. Selanjutnya, masukkan kode keamanan yang sama untuk kedua kali.
  6. Pada halaman Set security questions, ketik jawaban dari dua pertanyaan agar bisa membuka kode keamanan ketika lupa.
  7. Tekan tombol Next.
  8. Pada security email address, tambahkan alamat email ketika lupa kode keamanan dan tekan tombol OK.
  9. Namun kamu bisa melewati tahap pengisian email dengan menekan tombol Add later.
  10. Pada halaman App Hiding, tekan tombol di sebelah View Hidden Apps ke posisi aktif.
  11. Lalu, tekan tombol tepat di sebelah aplikasi yang ingin disembunyikan ke posisi aktif.

Pada saat fitur View hidden apps aktif, maka kamu dapat secara cepat melihat aplikasi yang disembunyikan dengan menyapu layar dari tengah ke atas dengan dua jari.

Selanjutnya, kamu diminta untuk memasukkan kode keamanan atau menggunakan pemindai sidik jari untuk bisa melihat aplikasi tersembunyi. Nantinya kamu akan melihat sebuah folder Hidden apps di layar yang berisikan semua aplikasi yang telah disembunyikan.

Tentunya kamu dapat menekan tombol toggle pada aplikasi yang disembunyikan ke posisi mati untuk memunculkannya kembali pada halaman Home Screen, App Drawer, dan halaman Apps pada aplikasi Settings.

Dengan begitu, sebaiknya kamu harus terus mengaktifkan fitur View hidden apps ketika ingin membuat aplikasi tetap tersembunyi secara aman dan dapat diakses dengan mudah.

Semua aplikasi yang terpasang di ponsel vivo dapat disembunyikan dengan fitur App Hiding sehingga kamu hanya perlu menggunakan fitur bawaan tanpa perlu aplikasi dari pihak ketiga.

Bahkan aplikasi pihak ketiga terkadang tidak terjamin mengenai keamanan dari aplikasi yang disembunyikan dan biasanya bertebaran iklan yang mengganggu.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar