ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan realme C61, Paket Lengkap!

Gadgetren – Dijual hanya dengan banderol harga senilai Rp1.799.000, kedatangan perangkat realme C61 tentu dapat membuat pilihan untuk ponsel terjangkau di Indonesia semakin luas.

Perangkat tersebut apalagi mempunyai spesifikasi yang tak kalah menarik dari berbagai ponsel di kelasnya. realme 61 dilengkapi dengan berbagai fitur dan dukungan mumpuni untuk beraktivitas sehari-hari.

Meski masih memiliki sejumlah kekurangan, realme C61 pun meluncur dengan berbagai keunggulan yang membuatnya cukup layak untuk dipertimbangkan. Sebagian di antaranya adalah sebagai berikut.

Kelebihan realme C61

1. Desain Menarik dengan Bodi Tahan Banting

Jika memerlukan ponsel dengan desain yang menarik, realme C61 bisa menjadi salah satu perangkat yang dipertimbangkan. Penutup belakangnya dibuat menyerupai seri iPhone Pro dengan ketebalan 7,84 mm yang terbilang sangat tipis.

Warna yang ditawarkan juga sangat menarik. Terdiri dari dua varian, realme C61 menawarkan bodi dalam balutan Sparkle Gold yang cenderung terlihat keemasan dan Dark Green yang kehijau-hijauan.

Tak hanya menarik, bodi realme C61 apalagi juga mempunyai keandalan tinggi. Terbukti dengan hadirnya sertifikasi IP54 yang mengartikan bahwa perangkat tersebut sudah memiliki fitur tahan percikan air dan debu.

Pihak realme juga mengklaim bahwa bodi perangkat tersebut juga tidak akan mudah rusak karena benturan. Pengujian laboratorium mereka menunjukkan bahwa realme C61 tidak memperoleh cacat terlihat ketika dijatuhkan dari ketinggian satu meter ke permukaan granit.

Sebelum keluar ke pasaran, realme C61 juga sudah lolos dari berbagai uji ketangguhan. Termasuk di antaranya meliputi pemakaian pada suhu dan kelembaban tinggi selama 14 hari, penggunaan tombol hingga 500 ribu kali, hingga keandalan port USB sampai 20 ribu kali.

Kelebihan dan Kekurangan realme C61 - Desain

2. Baterai Besar

Selain desain menarik, perangkat entri buatan realme tersebut juga dapat menjadi pilihan pas buat kita yang memerlukan ponsel dengan baterai mumpuni untuk pemakaian sehari-hari.

Baterai perangkat tersebut sudah berkapasitas sebesar 5.000mAh. Kita pun dapat memakainya untuk mengerjakan berbagai macam aktivitas tanpa perlu berulang kali melakukan pengisian daya.

Bahkan berdasarkan klaim dari Pihak realme, baterai realme C61 mampu bertahan selama dua hari pemakaian hanya dengan satu kali pengisian daya. Perangkat tersebut pun dapat digunakan untuk menonton video hingga 16,6 jam, membuka WhatsApp 19,2 jam, melakukan panggilan telepon 34,2 jam, atau memutar musik 97,2 jam.

Yang tak kalah menarik, realme memberikan jaminan bahwa kemampuan baterai perangkat buatannya tidak akan cepat menurun. Kapasitasnya tidak akan berkurang dari 80 persen setelah empat tahun pemakaian.

3. Konfigurasi Memori Bisa Diandalkan

Di Indonesia, realme C61 tersedia dalam satu varian memori. Perangkat tersebut untungnya menawarkan konfigurasi RAM dan penyimpanan yang sudah mencukupi untuk kebutuhan di masa sekarang.

Bagi kamu yang belum tahu, realme C61 sudah meluncur dengan RAM berkapasitas 8GB. Kita pun masih dapat memperluasnya dengan memanfaatkan Teknologi Dynamic RAM hingga 16GB.

Sementara untuk penyimpanannya, perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan media internal sebesar 128GB. Terdapat slot kartu MicroSD hingga 2TB yang dapat digunakan apabila dirasa masih belum cukup.

4. Layar Luas dengan Animasi Tinggi

Layar realme C61 juga tergolong sangat menarik. Perangkat tersebut sudah menggunakan panel berukuran luas di mana sudah membentang sampai 6,74 inci dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel).

Kita pun dapat mempertimbangkannya apabila memerlukan ponsel yang mampu menampilkan gambar dengan lebih leluasa. Terlebih lagi, dukungan animasi yang ditawarkan pun lumayan tinggi.

Membawa pengaturan refresh rate hingga 90Hz, layar realme C61 tentu dapat membuat tampilan animasi pada berbagai macam konten terlihat lebih mulus. Namun perlu diingat bahwa ini berlaku untuk game, aplikasi, atau video yang sudah mendukungnya.

5. Membawa Sejumlah Fitur Menarik

Fitur pendukung yang ditawarkan oleh realme C61 pun cukup lengkap. Perangkat tersebut tidak hanya membawa dukungan esensial seperti Jack Audio, WiFi, SIM ganda, hingga Bluetooth, melainkan juga berbagai tambahan.

Salah satu di antaranya, kita dapat menemukan Air Gesture pada perangkat tersebut. Fitur ini memungkinkan kita mengoperasikan realme C61 hanya dengan lambaian tangan tanpa perlu menyentuh layar.

Kita yang sering kehujanan pun tidak perlu khawatir. Selain sudah mendukung IP54, perangkat tersebut juga mempunyai fitur Rainwater Smart Touch yang dapat meningkatkan sensitivitas sentuhan meskipun tangan sedang basah.

Tombol power-nya pun sudah terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari. Yang menarik, kita tidak hanya dapat memfungsikannya untuk sekadar membuka kunci saja. Kita dapat memakainya sebagai Dynamic Button.

Dengan menggunakan Dynamic Button, kita dapat menambah fungsi pada tombol Power untuk membuka aplikasi atau fitur tertentu. Kita dalam hal ini dapat memakainya untuk mengakses kamera, mengaktifkan senter, mengubah mode suara, hingga memutar musik.

Riding Mode juga hadir sebagai fitur unggulan dalam perangkat tersebut. Dukungan ini akan mengubah antarmuka tampilan sehingga kita bisa mengoperasikan ponsel dengan mudah saat berkendara.

Tidak ketinggalan, perangkat tersebut juga sudah ditunjang dengan fitur NFC 360 derajat. Kita pun dapat dengan mudah mengecek saldo kartu e-money, menyelesaikan pembayaran elektronik, hingga berbagi informasi.

Kekurangan realme C61

1. Kamera Depan Bisa Lebih Baik

Dukungan kamera depan pada realme C61 sayangnya cukup rendah. Perangkat tersebut hanya dilengkapi dengan sensor yang mampu menangani pengambilan gambar hingga 5MP saja.

Resolusi kamera depan ini sebenarnya sudah cukup untuk berbagai kebutuhan esensial seperti melakukan panggilan video atau mengabadikan momen penting. Hanya saja jika dibandingkan dengan perangkat lain, tergolong sangat rendah.

2. Desain Layar Sudah Mulai Ketinggalan

Lubang tempat realme C61 menyematkan kamera depannya pun mempunyai desain yang sudah mulai ketinggalan. Perangkat tersebut masih menggunakan layar dengan notch atau poni kecil.

Padahal, beberapa ponsel di kelasnya sudah mulai menggunakan layar punch hole yang terlihat lebih modern. Sebagian perangkat bahkan justru dibanderol dengan harga jauh lebih terjangkau.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar